Menu

Nggak Selalu Buruk, Begini Manfaat Minum Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh!

22 September 2020 17:00 WIB

ilustrasi air putih dingin (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Saat cuaca sedang panas-panasnya, mungkin beberapa orang akan memilih untuk meminum air dingin sebagai solusi untuk melegakan dahaga. Namun terkadang hal tersebut justru diyakini oleh banyak orang dapat menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan tubuh. 

Walaupun begitu, nyatanya meminum air dingin nggak selalu menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh Lho. Mungkin selama ini banyak orang yang berpikir bahwa meminum air dingin nggak baik bagi kesehatan karena dapat membuat tubuh menjadi gemuk, menimbulkan batuk dan penyakit lainnya. Tapi ternyata, meminum air dingin juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat baik minum air dingin untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan konsentrasi

Saat tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan cairan, hal tersebut  nyatanya dapat membuatmu kehilangan konsentrasi lho. Namun kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan meminum segelas air dingin, karena dengan meminum air dingin kamu dapat menghilangkan dehidrasi dan membuat otak dapat kembali bekerja dengan optimal. 

Membantu tidur lebih nyenyak

Faktanya air dingin dikenal dapat meningkatkan aliran darah menuju otak, hal inilah yang dapat meningkatkan oksigenasi dan hidrasi otak yang dapat menenangkan pikiran serta tubuh saat sedang tertidur.

Membakar banyak kalori

Walaupun dikatakan bahwa minum air dingin dapat membuat badan gendut, nyatanya minum air dingin justru dapat membantu mengurangi berat badanmu. Hal ini dikarenakan banyaknya kalori yang terbakar. Tubuh memiliki suhu konstan yang harus tetap  dipertahankan. Ketika kamu minum air dingin dan suhu tubuhmu kemudian menurun, tubuh akan berusaha mengembalikan suhu normalnya dengan melakukan pembakaran lemak. 

Mengobati penyakit infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing ringan dapat disembuhkan hanya dengan minum lebih banyak air. Minum air dingin akan membantu membersihkan bakteri secara efektif. Semakin sering mengisi kandung kemih dan buang air kecil, semakin berkurang infeksi seluran kencing tersebut. 

Semoga bermanfaat!