Menu

5 Obat Diare Alami Ini Bantu Hentikan Buang-Buang Air Nonstop yang Dialami Si Kecil, Dijamin Aman Moms!

23 September 2020 10:00 WIB

Ilustrasi bayi yang sedang ganti popok (Today's Parent/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, saat si kecil mengalami diare, tentu kamu bakal panik bukan kepalang, bukan? Diare yang dialami si kecil sangat mengganggu kesehatannya. Saat diare, si kecil akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Enggak cuma itu, diare yang dialaminya juga bisa membuatnya mengalami dehidrasi lantaran kekurangan cairan.

Banyak faktor yang menjadi penyebab diare pada si kecil. Seperti yang disebutkan dalam laman Moms Junction, menurut WHO, rotavirus adalah penyebab utama diare yang dialami pada bayi dan balita di seluruh dunia. 

Virus menyebar melalui makanan dan air yang sudah terkontaminasi. Bayi yang belum bisa makan makanan padat, bisa tertular virus saat ia menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dan meletakkan tangannya di mulut. 

Oleh sebab itu, saat si kecil mengalami diare, Moms harus segera menanganinya. Enggak perlu minta resep dokter, Moms bisa memberikannya obat dari bahan-bahan alami atau pengobatan rumahan.

Merangkum dari berbagi sumber, Rabu (23/9/2020), berikut lima bahan alami yang bisa membantu si kecil untuk mengatasi bunang-buang air nonstop alias diare yang dialaminya.

Pisang

Si kecil dengan usia 6 bulan ke atas dan mengalami diare, kamu bisa membantu mencegahnya dengan Pisang. Pisang merupakan bagian dari pola makan BRAT yang sering direkomendasikan untuk meredakan diare pada bayi dan balita.

Moms, kamu bisa menghaluskan pisang matang dan berikan kepada si kecil. Pisang bisa memberi energi pada si kecil yang mungkin merasa lemah akibat diare. Buah satu ini mengisi kembali kalium yang hilang dari tubuh selama diare.

Sereal bayi

Sereal yang dibuat untuk bayi dan balita mudah dicerna. Kebanyakan sereal mengandung nutrisi tamabahan di dalamnya. Di mana dapat membantu bayi tetap bergizi selama mengalami diare. Moms, kamu bisa memilih sereal yang memiliki serat rendah untul membantu membuat tinja lebih padat.

Kentang

Sama seperti nasi, kentang kaya akan pati dan mudah dicerna. Pati dari kentang memberikan glukosa penting yang membantu menjaga kesehatan usus, terutama selama diare. 

Kentang juga kaya akan kalium yang merupakan elektrolit yang hilang saat diare. Kupas kulit kentang dan rebus, haluskan kentang rebus sebelum diberikan pada si kecil.

Daun jambu biji

Moms, pastinya udah enggak asing dengan obat diare alami yang satu ini. Secara turun temurun, daun jambu biji dipercaya manjur untuk mengatasi diare. Rasa sepat dari jaun jambu biji dipercaya bisa meredakan diare yang dialami oleh si kecil.

Kamu bisa mengolah daun jambu biji dengan cara ditumbuh dan diperas sarinya. Setelah itu, tambahkan sedikit garam dan berikan ramuan ini kepada si kecil tiga kali dalam sehari.

Jahe

Untuk si kecil dengan usia 12 bulan ke atas dan mengalami diare, Moms bisa mengatasinya dengan jahe. Beberapa penelitian menunjukkan kalau jahe dapat meredakan diare yang disebabkan oleh bakteri, seperti E.coli.

Moms, kamu bisa merebus jahe dan berikan air rebusan jahe pada si kecil. Enggak perlu banyak-banyak, kamu bisa memberinya dalam cangkir untuk tegukan kecil.

Kalau obat-obat alami di atas enggak manjur juga, kamu bisa membawa si kecil ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!