Menu

Lagi Heboh! Ini Manfaat Tak Mengenakan Bra, Payudara Jadi Lebih Kencang?

24 September 2020 11:30 WIB

Ilustrasi melepas bra.(Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Baru-baru ini dunia maya heboh dengan penggunaan bra. Hal tersebut dipicu oleh Dinar Candy yang tak mengenakan bra saat menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier.

Di Indonesia, tampil tanpa bra jadi satu hal yang jarang terjadi. Padahal di beberapa negara sudah banyak wanita yang beraktivitas tanpa menggunakan bra. Ternyata banyak manfaat yang diraih saat tak memakai bra lho! 

Profesor dari Universitas Franche-Comté, Jean-Denis Rouillon, melakukan penelitian selama 15 tahun tentang efek bra pada payudara. Hasil penelitian menemukan bahwa mengenakan bra Tak memberikan manfaat bagi wanita. 

"Bra tak bermanfaat secara medis, fisiologis, anatomis, payudara tidak mendapat manfaat dari kehilangan gravitasi," ujarnya seperti dikutip dari Bustle (24/9/2020).

Dalam penelitian yang sama, Roullion menemukan bahwa kebiasaan tak memakai bra justru membuat payudara wanita menjadi lebih kuat. Efek jangka panjang dari tak memakai bra menunjukkan bahwa lebih banyak jaringan otot tumbuh untuk memberikan dukungan alami.

"Tubuh harus menggunakan otot dada untuk menguatkan jaringan payudara melawan gravitasi," kata Dr. Anuradha Seshadri, dokter penyakit dalam di UCLA Health.

Selain itu, penelitian Roullion menemukan bahwa puting wanita yang tak memakai bra rata-rata terangkat 7mm lebih tinggi daripada wanita yang memakai bra. Namun, Dr. Seshadri mengatakan bahwa ini semua tergantung pada ukuran payudara.

"Jika ukuran payudara Anda lebih besar, memakai bra bisa memperlambat proses kendur," jelasnya.

Artikel Pilihan