Menu

Hati-hati! 5 Penyakit Ini Sebabkan Kematian Saat Tidur Lho Moms, Nomor Empat Malah Sering Diabaikan, Hemmm...

26 Juli 2022 13:55 WIB

Ilustrasi kematian di tempat tidur. (Freepik/Oporty)

HerStory, Jakarta —

Kematian saat tidur sering kali menjadi misteri, apalagi pada orang yang terlihat sehat dan orang tua. Sebenarnya, selalu ada penyebab spesifik kematian saat tidur lho Moms.

Beberapa orang mungkin mengalami sleep apnea atau serangan jantung. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kematian saat tidur, dikutip dari berbagai sumber.

1. Sleep apnea

Gangguan tidur apnea (sleep apnea) terjadi ketika seseorang berhenti bernapas selama beberapa kali dalam tidurnya. Biasanya orang yang menderita sleep apnea akan berhenti bernapas selama sekitar sepuluh detik dan bisa berulang hingga lima kali dalam satu jam selama seseorang tertidur. 

Jika gangguan ini terus bertambah parah, tubuh bisa gagal menarik napas lagi setelah tertahan dan mengakibatkan terhentinya sistem pernapasan hingga berujung pada kematian. Beberapa faktor risiko gangguan tidur apnea adalah obesitas, gagal jantung, dan berbagai penyakit jantung.

2. Sudden cardiac arrest

Sudden cardiac arrest atau henti jantung mendadak bisa dipicu oleh kelainan dan disfungsi pada sinyal elektrik yang mengatur detak jantung. Saat hal ini terjadi, jantung berhenti memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika tidak langsung ditangani, henti jantung akan menyebabkan kematian.

Henti jantung dipicu oleh beberapa hal antara lain diabetes, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, serta faktor genetik. Ada beberapa gejala yang harus diwaspadai misalnya tiba-tiba jatuh pingsan, ada sejarah kematian karena penyakit jantung dalam keluarga, dan dada yang terasa nyeri.

3. Serangan jantung

Berbeda dari henti jantung, serangan jantung tidak disebabkan oleh kesalahan pada sirkuit elektrik dalam tubuh. Serangan jantung saat tidur terjadi karena aliran darah ke otot-otot jantung terhambat sehingga jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dari darah. Dalam beberapa kasus, jantung masih tetap berdetak tapi otot-otot yang tidak mendapatkan oksigen akan mengalami kerusakan.

Biasanya serangan jantung disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Tanda-tanda yang bisa diamati adalah rasa nyeri dan tertekan di dada atau lengan, demam, muntah-muntah, dan debaran jantung yang tidak teratur (terlalu cepat atau terlalu lambat).

4. Insomnia

Ini merupakan ganguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk bisa tidur. Jika insomnia dibiarkan berlangsung lama tanpa ditangani dengan benar bisa mejadi penyebab kematian saat tidur lh Moms.

5. Penggumpalan darah

Umumnya penggumpalan darah tidak membahayakan kesehatan. Tetapi, kalau darah yang menggumpal sudah menjadi terlalu besar, gumpalan tersebut akan menghalangi aliran darah.

Jika aliran yang terblokir adalah pembuluh utama yang memompa darah menuju otak atau jantung, penggumpalan darah bisa berujung pada seseorang meninggal saat tidur.

Kasus penggumpalan darah yang cukup parah biasanya terjadi karena ada trauma seperti luka yang cukup serius, kulit yang tergores, atau darah yang mengental. Gejala yang tampak biasanya berupa pembengkakan, kulit yang pucat, rasa sakit, dan napas yang memburu.

Itulah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kematian mendadak saat tidur. Untuk menghindarinya, ada baiknya jika Moms rutin melakukan medical check up setiap enam bulan sekali ya Moms.

Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Beauty. Semoga informasi ini bermanfaat.