Menu

Moms Baru Melahirkan? Yuk Latihan Peregangan Pascamelahirkan Dijamin Ampuh Pulihkan Fisik dan Mental Ibu!

28 September 2020 16:05 WIB

Ilustrasi melahirkan (Unsplash/Christian Bowen)

HerStory, Jakarta —

Setelah melahirkan, seorang ibu tentu membutuhkan waktu untuk memulihkan tubuh maupun mental mereka agar bisa siap dalam menjalani keseharian bersama sang buah hati. Selain itu, dengan melakukan peregangan ini mampu memulihkan fisik dan juga mental, kesehatan ibu juga bisa tetap terjaga, hal ini dibutuhkan karena memiliki buah hati untuk pertama kali akan berat untuk ibu-ibu muda.

Oleh karena itu, lebih baik ikut beberapa tips gerakan peregangan berikut ini yang bisa ibu lakukan di rumah. Tips peregangan ini disarankan langsung oleh instruktur keuaran FLEX Chelsea, Jemimah Williams Rumble. Ada apa saja ya?

Pernapasan

Setelah melahirkan menjadi hal penting untuk membentuk otot dasar perut dengan fokus pada latihan pernapasan, dasar panggul, dan juga otot perut. Berikut beberapa gerakkan yang bisa Moms ikuti di rumah ya!Berbaring dengan posisi telentang dengan lutut dan kaki ditekuk, lebarkan kaki seukuran panggul. Usahakan punggung bagian bawah tetap menempel di lantai, ya! 

Kemudian letakkan tangan disamping pinggul, mulailah mengambil napas dalam-dalam, hitungan masing-masing napas 3 hingga 4 detik. Ketika menghebuskan napas, bayangkan pinggul Moms mencoba untuk menjangkau ke arah langit-langit, rasakan punggung bawah lantai dan kaki bagian atas sedikit terangkat ke lantai.

Terakhir, setelah Moms menghebuskan napas, angkat dasar panggul.

Tulang Belakang

Setelah membawa perut besar selama berbulan-bulan, secara enggak sadar tulang belakang tubuh kita sudah menahan beban, sehingga menjadi tertarik ke belakang. Maka mulailah lakukan peregangan pascamelahirkan ini setiap hari. Berikut ini gerakan yang Moms coba di rumah:

Mulailah dengan posisi merangkak, dengan lutut dirapatkan dan tumit dilebarkan untuk menopang punggung bawah. Letakkan tangan kanan Moms di belakang leher. Lalu, ketika mengembuskan napas, putar siku kanan ke atas dan ikuti dengan pandangan mata Moms. Jaga bahu kiri agar enggak ikut berputar. Terakhir, tarik napas, dan kembalikan siku kanan ke posisi awal. Ulangi gerakan ini 6 hingga 12 kali untuk setiap sisi.

Berikut adalah gerakkan yang bisa Moms lakukan setelah melahirkan untuk kembali mengencangkan otot-otot tubuh dan siap menjaga sang buah hati!

Artikel Pilihan