Menu

Dear Ibu Bekerja, 7 Essential Oil Ini Dijamin Ampuh Tenangkan Harimu yang Melelahkan

29 September 2020 16:30 WIB

Ilustrasi essential oil (MuslimahDaily/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dear ibu bekerja, setumpuk pekerjaan kantor yang padat, tentu membuatmu merasa penat bukan? Belum lagi, dengan segudang pekerjaan rumah serta tanggung jawab sebagai seorang ibu dalam mengurus anak dan juga suami. Alih-alih enggak memiliki waktu untuk memanjaka diri, kamu bisa lho memanfaatkan essential oil untuk mengusir rasa penat dan menangkan hari setelah lelah seharian bekerja.

Minyak esensial ini digunakan untuk merangsang indera penciuman. Minyak esensial dapat digunakan sebagai aromaterapi dengan berbagai cara. Mulai dijadikan uap, dihirup, atau mengoleskannya secara langsung ke pakaian. Wangi yang ditimbulkan dari minyak esensial ini membantumu menjadi lebih tenang dan juga nyaman.

Mengutip dari laman sindikasi Muslimah Daily, Selasa (29/9/2020) berikut ini tujuh essential oil yang bisa kamu gunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan harimu yang cukup melelahkan.

Peppermint Essential Oil

Minyak peppermint memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan performa atletik dan memperbaiki gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Wanginya yang sedap juga sangat enak untuk dijadikan aromaterapi.

Lavender Essential Oil

Aroma dari lavender memberikan sensasi menenangkan. Lavender juga sering digunakan sebagai aromaterapi untuk menghilangkan stres. Minyak lavender bisa menjadi minyak pijat yang baik kalau dicampur dengan carrier oil.

Bergamot Essential Oil

Essential Oil ini berasal dari kulit buah citrus bergamia yang merupakan kombinasi hibrida jeruk dan lemon. Aromanya yang khas dan memikat dapat digunakan sebagai losion tubuh, minyak pijat, dan juga obat jerawat.

Bergamot essential oil juga memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu mengurangi stres dan peradangan.

Karena ini merupakan minyak jeruk, tentunya dapat menyebabkan kulit menjadi fotosensitif. Saat diaplikasikan ke kulit, pastikan untuk menutupinya sebelum pergi keluar rumah, jangan sampai terpapar langsung sinar matahari.

Chamomile Essential Oil

Aroma chamomile yang menenangkan dapat membuat kita tertidur dengan nyaman dan nyenyak. Minyak esensial ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya mengurangi kecemasan.

Terdapat dua jenis chamomile yaitu Jerman dan Romawi.Chamomile Jerman  mengandung chamazulene tinggi yang merupakan bahan aktif yang dianggap memberi manfaat kesehatan pada chamomile.

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh (melaleuca) yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur ini sering digunakan dalam perawatan luka, menghilangkan kutu rambut, serta mengontrol ketombe. Essential oil ini dapat ditambahkan  ke sampo atau digunakan langsung pada kulit.

Tea tree oil dapat menyebabkan iritasi pada mata, jadi baiknya digunakan secara berhati-hati saat dicampurkan menjadi sampo atau obat kutu.

Ylang Ylang Essential Oil

Aroma bunga ylang ylang yang ringan dapat digunakan dalam aromaterapi untuk mengurangi rasa tegang dan stres. Essential oil ini juga bermanfaat untuk mengurangi insomnia.

Rose Geranium Essential Oil

Minyak esensial ini berasal dari tanaman geranium dengan daun yang memiliki aroma mawar. Rose geranium dapat membantu mengusir serangga dan ngengat. Essential oil ini dapat dicampurkan dengan carrier oil dan diaplikasikan ke kulit sebagai perawatan wajah untuk kulit kering.

Aroma-aroma di atas dijamin bisa menenangkan pikiran jenuh, Bu. Saat ini sudah banyak yang menjual essential oil untuk aromaterapi, jadi kamu bisa langsung mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat!