Menu

Waduh! Inilah Tanda Keluargamu Toksik Saat Kamu Beranjak Dewasa!

28 September 2020 23:00 WIB

Mertua dan Menantu. (Hipwee/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kata keluarga bisa mengingatkan kita pada serangkaian emosi yang kompleks. Bergantung pada masa kecil kamu dan situasi keluarga saat ini, perasaan ini sebagian besar bisa positif, sebagian besar negatif, atau campuran keduanya.

Kalau kamu pernah mengalami dinamika keluarga yang beracun, perasaan kamu mungkin lebih dari sekadar frustrasi atau gangguan. Sebaliknya, berinteraksi dengan atau bahkan memikirkan keluarga kamu dapat menyebabkan tekanan emosional yang signifikan.

Dilansir dari Healthline, dinamika keluarga yang beracun atau nggak berfungsi mungkin sulit dikenali, terutama jika kamu masih tertanam di dalamnya. Berikut adalah beberapa tanda umum dan apa yang harus dilakukan jika kamu mengenalinya dalam keluarga kamu sendiri.

Pikirkan kembali masa kecil kamu. Banyak orang nggak menyadari pengaruh lingkungan keluarga mereka selama masa kanak-kanak sampai mereka menjadi dewasa.

Tanda-tanda berikut menunjukkan bahwa kamu mungkin pernah mengalami lingkungan keluarga yang beracun saat tumbuh dewasa.

1. Kamu diharapkan memenuhi standar yang nggak realistis

Anggota keluarga mengambil peran yang berbeda dari waktu ke waktu untuk membantu satu sama lain. Mungkin tugas kamu adalah membersihkan piring dari meja setelah makan malam hari Minggu. Atau mungkin kamu sesekali membantu mengawasi adik-adik. Ini semua normal.

Tetapi tugas-tugas ini seharusnya nggak menghalangi kamu menyelesaikan tugas sekolah, bermain, atau cukup tidur.

Kalau kamu dibesarkan dalam keluarga beracun, kamu mungkin diminta untuk:

  • Orangtua atau mendisiplinkan adik atau memberikan sebagian besar perhatian mereka
  • Mengambil tanggung jawab seperti memasak makanan atau melakukan tugas berat tertentu sebelum kamu dapat melakukannya dengan aman atau cakap
  • Berikan dukungan emosional seolah-olah kamu adalah pasangan atau orang dewasa lainnya
  • Kamu dikritik dengan keras

Kebanyakan orang tua terkadang menegur atau mengkritik perilaku anak-anak mereka. Tetapi pernyataan ini harus konstruktif dan fokus pada perilaku, bukan pada anak. Mereka nggak boleh membuat kamu merasa rendah diri, nggak diinginkan, atau nggak dicintai.

2. Kebutuhan kamu nggak terpenuhi

Enggak ada seorangpun yang sempurna. Mungkin orang tuamu nggak pandai menjemputmu dari sekolah tepat waktu, membuatmu menunggu. Atau mungkin mereka lupa membayar tagihan listrik sekali dan listrik padam selama 2 hari.

  • Tetapi anggota keluarga yang mendukung harus mendukung kebutuhan dasar kamu dengan:
  • Menetapkan batasan
  • Memberikan disiplin dan kasih sayang
  • Menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda
  • Memastikan Anda menerima pendidikan
  • Memastikan Anda memiliki makanan untuk dimakan dan pakaian bersih untuk dikenakan

Meskipun mungkin ada faktor-faktor lain yang terlibat, secara teratur pergi tanpa hal-hal di atas dapat sangat menyarankan dinamika keluarga yang beracun atau tidak sehat.

3. Pertimbangkan keadaan saat ini

Jika kamu curiga saat ini sedang menghadapi masalah keluarga yang toksik, mulailah dengan memikirkan perasaan kamu setelah berinteraksi dengan anggota keluarga tertentu. Katherine Fabrizio, MA, LPC, mengkhususkan diri dalam bekerja dengan putri dari ibu yang beracun. Dia menawarkan aturan umum berikut:

“Jika kamu akhirnya merasa buruk tentang diri sendiri setelah sebagian besar pertemuan dengan anggota keluarga, mungkin ada alasan bagus untuk itu, yang patut dipertimbangkan.”

4. Kamu merasa terkendali

Anggota keluarga yang beracun mungkin mencoba mengendalikan aspek utama kehidupan kamu, termasuk hubungan dan keputusan karier kamu. Mereka mungkin menyiratkan (atau mengatakan langsung) bahwa menyelaraskan dengan harapan mereka adalah kondisi cinta dan dukungan mereka yang berkelanjutan.

5. Kamu nggak merasakan cinta, kasih sayang, atau rasa hormat

Merupakan hal yang wajar bagi anggota keluarga untuk sesekali berselisih paham. Tetapi pada akhirnya, Anda tetap harus memperlakukan satu sama lain dengan cinta dan kebaikan. Dalam dinamika keluarga yang beracun, kamu mungkin merasa dihina atau dihina alih-alih cinta.

  • Anggota keluarga yang beracun mungkin:
  • Mengejek atau meremehkan pilihan kamu
  • Menyerang titik rentan kamu
  • Hilangkan harga diri kamu

Keluarga kamu mungkin nggak setuju dengan semua yang kamu katakan atau lakukan, tetapi mereka tetap harus menawarkan cinta dan rasa hormat saat kamu menemukan jalan kamu sendiri.

6. Ada penggunaan zat yang terlibat

Anggota keluarga yang terkadang menggunakan, atau bahkan menyalahgunakan, obat-obatan atau alkohol belum tentu beracun. Tetapi kecanduan zat dan perilaku kompulsif terkadang dapat menyebabkan dinamika yang berbahaya dan nggak sehat dalam hubungan keluarga.

Tanda-tanda ini menunjukkan toksisitas:

  • Penggunaan zat yang secara negatif mempengaruhi suasana hati atau perilaku
  • Pelecehan emosional atau kekerasan fisik akibat keracunan
  • Penggunaan zat yang tersembunyi dari pihak luar dan tidak pernah dibahas
  • Pola yang memungkinkan kecanduan atau penyalahgunaan zat juga dapat berkontribusi pada dinamika racun.