Menu

5 Buah yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari, Ampuh Bersihkan Racun dalam Tubuh

01 Oktober 2020 07:40 WIB

Jus Buah. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, membersihkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi sangat penting untuk dilakukan. Salah satu cara yang paling praktis untuk melakukan detoksifikasi adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuhmu.

Kamu bisa memulai dengan rutin, mengkonsumsi makanan sehat seperti buah yang dikenal akan khasiatnya untuk detoksifikasi alami. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/10/2020) Berikut 5 buah yang baik dikonsumsi pagi hari dan ampuh bersihkan racun tubuh.

1. Lemon

Buah lemon merupakan pilihan yang paling sering digunakan untuk detoks racun dalam tubuh. Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan, buah ini sangat baik dalam melawan racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah ini, kamu juga dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, menurunkan stres, dan menjaga hati agar tetap sehat. Untuk detoks, konsumsi perasan lemon dengan air hangat di pagi hari. 

2. Apel

Apel kaya akan nutrisi seperti antidioksidan, flavonoid dan vitamin A yang efektif untuk mendetoksifikasi tubuh. Khasiatnya bisa mencegah penyakit berbahaya seperti kanker usus, jantung dan mencegah stroke. Cara detoks tubuh dengan apel yakni, saat sarapan, minum jus apel segar tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya lalu tambahkan air dari setengah buah lemon. Gunakan blender untuk menyiapkan jus lalu minumlah perlahan seteguk demi seteguk, jangan sekaligus kemudian makan dua buah apel 2-3 jam setelahnya.

3. Semangka

Semangka mengandung banyak air juga zat Glutathion yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semangka juga kaya akan antioksidan seperti lycopene yang aktif dalam melawan kanker, vitamin C dan potasium yang mampu menstabilkan tekanan darah. Karenanya, buah ini bisa dimanfaatkan utnuk detoks racun pada tubuh. Caranya minumlah segelas yoghurt di pagi dan malam hari, lalu makan semangka sepanjang hari. Di tengah detoksifikasi, jangan lupa untuk minum air putih lalu beberapa jam setelahnya konsumsilah sayuran yang diolah menjadi masakan tertentu atau sup.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan antioksidan dan nutisi lainnya. Beberapa studi menyatakan bahwa asam lemak pada alpukat dapat menjaga kerusakan oleh d-galactosamine, racun hati yang sangat kuat. Selain itu, asam lemak dalam alpukat juga dapat melumasi dinding usus besar. Oleh karenanya, racun pada tubuhmu akan mudah keluar sehingga lancar BAB. Untuk detoks, kamu dapat menyantap buah ini dengan cara di jus dan sesuaikan dengan seleramu.

5. Pepaya

Pepaya dikenal dengan manfaatnya yang baik dalam mengatasi masalah sistem pencernaan. Pepaya kaya akan vitamin C sebesar 224% dan nutrisi lainnya. Seperti vitamin A, magnesium, dan potassium yang membantu dalam melawan pilek atau flu. Enzim dalam pepaya yang berupa papain memudahkan pemecahan protein dan pencernaan. Begitu juga dengan adanya beta karoten yang dapat mencegah penyakit kanker mulut. Untuk detoks, makanlah pepaya yang sudah dipotong kecil-kecil dengan rutin.

Artikel Pilihan