Menu

Payudara Besar Sebelah Tanda Kanker Payudara? Bener Gak Sih?

01 Oktober 2020 16:00 WIB

Ilustrasi wanita yang memijat payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu tahu nggak, sih, kalau kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi yang terjadi pada wanita? Hal ini sering terjadi karena masih banyak wanita yang enggak menyadari beberapa gejala dan juga ciri-ciri dari kanker payudara pada dirinya sendiri sejak awal.

Padahal jika kamu sudah mengetahui gejala dari kondisi ini, kamu bisa mendapatkan penanganan lebih cepat dan mencegah kanker menjadi lebih parah sehingga pengobatan yang diberikan bisa lebih efektif dan menghindari efek-efek yang enggak diinginkan.

Kanker payudara merupakan penyakit yang menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Beberapa wanita yang mengetahui mengenai kanker payudara hanya ditandai dengan benjolan di dekat ketiak, padahal gejala yang ditimbulkan dari penyakit mematikan ini banyak.

Menurut Spesialis Penyakit Dalam Hematologi dan Onkologi Medik, DR. dr. Cosphiadi Irawa, SpPD, KHOM mengatakan bahwa masih banyak wanita yang belum memahami secara menyeluruh mengenai gejala yang ditimbulkan dari kanker payudara. Hal ini semakin diperpaah dengan masyarakat yang masih merasa tabu mengenai penyakit tersebut.

Untuk itu, berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dari kanker payudara menurut rangkuman (01/10) dari HerStory!

Payudara Benjol

Gejala ini merupakan gejala awal yang biasanya terjadi jika seorang wanita terkena kanker payudara dan yang paling mudah dikenali. Jaringan payudara membentang luas hingga bisa sampai ke bawah lengan kamu, maka selain di daerah payudara, benjolan kanker ini juga bisa muncul di sekiar dada atas atau di daerah ketiak.

Perubahan Kulit Payudara

Selanjutnya, ada gejala yang membuat kulit payudara kita berubah hal ini diakibatkan dari peradangan yang akhirnya membuat tekstur asli dari payudara kita menjadi berubah, seperti kulit kering, kulit terasa menebal di sekitar payudara, dan kulit payudara terlihat berlubang karena adanya penumpukan cairan getah bening.

Puting Mengeluarkan Cairan

Jika kamu merasa secara tiba-tiba puting kamu mengelurkan sebuah cairan yang kental maka kamu harus waspada karena bisa jadi hal ini merupakan pertanda bahwa kamu mengalami gejala kanker payudara, apalagi jika kamu bukan ibu yang menyusui, karena cairan yang keluar bisa bervariasi.

Kelenjar Getah Bening Bengkak

Kelenjar getah bening merupakan kumpulan jaringan sistem kekebalan tubuh yang bertugas untuk melawan mikoorganisme asing yang salah satunya adalah sel kanker. Jika sel kanker bisa sampai menembus ke dalam kelenjar getah bening maka kelenjar tersebut akan memberikan reaksi yaitu membengkak.

Payudara Nyeri

Kanker payudara akan langsung menyerang pada sel-sel kulit yang masih sehat di dalam payudara kamu kemudian akan mulai menyebabkan payudara terasa nyeri ketika ditekan. Hal ini harus kamu waspadai dan disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan pada dokter.

Payudara Memerah

Kemudian, gejala yang enggak bisa dibiarkan saja adalah timbulnya kemerahan pada kulit. Sel kanker payudara bisa membuat area di sekitar payudara mengalami perubahan warna kulit seperti akan terjadi memar dan hal ini harus segera dilaporkan kepada dokter.

Payudara Besar Sebelah

Terakhir adalah ukuran payudara yang berbeda, hal ini bisa menjadi salah satu gejala dari kanker payudara, lho, Beauty! Sel kanker bisa membuat seluruh bagian payudara menjadi bengkak. Kemudian, akan membuat salah satu sisi payudara yang terkena kanker mengalami perubahan ukuran menjadi lebih besar, oleh karena itu jika sudah mengalami hal seperti ini sebaiknya langsung dikonsultasikan kepada dokter.