Menu

Gawat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Paru-paru, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan Nih, Hati-hati!

11 Agustus 2022 14:00 WIB

Ilustrasi paru-paru. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Penyakit paru-paru merupakan kondisi yang membuat paru-paru enggak bisa berfungsi secara normal. Penyakit paru-paru juga akan membuat masalah pada sistem pernapasan.

Penyakit paru-paru ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Melansir dari berbagai sumber (11/8/2022), berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit paru-paru. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Malas bergerak

Ketika kamu malas bergerak atau malas berolahraga, maka bisa menjadi penyebab berbagai penyakit, salah satunya masalah pada paru-paru.

Mengutip dari Healthline, aktif bergerak merupakan cara untuk membuat paru-paru tetap sehat. Saat aktif bergerak, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot, sehingga paru-paru meningkatkan aktivitasnya untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh sambil mengeluarkan karbon dioksida.

2. Paparan polutan

Melansir dari Eat This, papara polutan yang terjadi di luar dan dalam ruangan bisa menyebabkan penyakit paru-paru. Semua polutan dapat menyebabkan serta memperburuk infeksi paru-paru, kanker, dan asma.

3. Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Selain itu, merokok dapat menyebabkan kanker pada sistem pernapasan secara luas, meliputi kanker paru-paru, hidung, sinus, dan tenggorokan.

4. Gak mengontrol berat badan

Makan dan minum berlebihan tanpa mengontrol berat badan dapat menjadi kebiasaan yang menyebabkan penyakit paru-paru. 

Ketika berat badan berlebih, napas bisa semakin berat. Kebiasaan enggak mengontrol berat badan dapat merangsang hormon yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk paru-paru.

5. Stres

Saat stres, kamu akan melepaskan hormon, seperti adrenalin dan kortisol. Semua hormon itu berperan dalam pernapasan cepat. Saat kamu sehat, hormon itu enggak akan menyebabkan masalah.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab penyakit paru-paru. Hati-hati, ya!