Menu

Gak Cuma Wajah, Miss V Juga Bisa Berjerawat Lho, Cari Tahu Penyebabnya Yuk Moms!

12 Agustus 2022 15:20 WIB

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, jerawat bisa muncul di bagian tubuh manapun, termasuk di area Miss V, seperti vulva dan bibir vagina. Melansir Verywell Health, Jumat (12/8/2022), jerawat di Miss terbentuk karena kotoran atau bakteri yang menyumbat pori-pori kulit sekitar vagina.

Selain dua hal tersebut, berikut ini beberapa penyebab lain munculnya jerawat di Miss V, antara lain:

1. Dermatitis kontak

Ini adalah jenis eksim yang disebabkan kontak kulit dengan zat pemicu alergi. Beberapa alergen (zat pemicu alergi) seperi sabun, produk kewanitaan, kondom, pembalut, air main, hingga air seni.

Inilah mengapa penting untuk membersihakn diri setelah berhubungan intim dengan pasangan Moms.

2. Peradangan (folikulitis)

Folikulitis merupakan rongga kecil tempat rambut bertumbuh Biasanya kondisi ini disebabkan oleh infeksi saat cukur atau berkemih, rambut tumbuh ke dalam, dan penggunaan pakaian ketat.

3. Jerawat inversa

Jerawat ini merupakan peradangan kulit kronis yang menyerang kelenjar keringat di pangkal paha dan di bawah payudara. Kondisi ini ditandai dengan bercak dan luka berulang yang mengandung nanah.

4. Inveksi virus

Berikutnya yakni infekksi virus yang dikenal dengan moluskum kontagiosum. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bisul di berbagai bagian tubuh, termasuk miss V. 

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat di area Miss V. Jangan lupa terus menjaga kesehatan miss V ya Beauty! Semoga informais ini bermanfaat.