Menu

Mr P Suami Bau Banget Moms? Waspada 3 Penyakit Ini

12 Agustus 2022 17:39 WIB

Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock/Edited By Herstory)

HerStory, Jakarta —

Alat kelamin yang sehat seharusnya gak mengeluarkan bau menyengat. Namun, beberapa orang mungkin mengalami alat vitalnya bau, baik wanita maupun pria.

Jika itu terjadi, mungkin ada alasannya, seperti, kamu tak bisa menjaga kebersihan alat kelamin terutama setelah berkeringat habis beraktivitas di luar atau olahraga.

Namun apabila bau yang keluar makin tercium sangat menyengat, bisa jadi pertanda suatu masalah kesehatan yang perlu dicek ke dokter. Berikut beberapa penyebab Mr P bau yang harus diwaspadai, antara lain:

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur terjadi ketika jamur Candida pada organ vital tumbuh di luar kendali. Pertumbuhan jamur yang berlebihan ini membuat alat kelamin pria menjadi ‘berjamur’.

Masalah ini umumnya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan, terutama jika kamu belum disunat. Kamu juga bisa tertular penyakit ini melalui hubungan di ranjang dengan wanita yang memiliki infeksi jamur.

Selain bau, infeksi jamur juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti kemerahan, gatal, dan kulit abnormal.

2. Infeksi menular seksual

Dalam beberapa kasus, infeksi menular seksual (IMS) dapat menyebabkan si otong bau. Jenis IMS yang paling mungkin menyebabkan bau tak sedap pada alat kelamin pria adalah gonore dan klamidia.

Selain bau, penderita gonore dapat menunjukkan gejala berupa keluarnya cairan berwarna hijau, putih, atau kuning dari alat kelamin pria, nyeri saat kencing, dan radang di kulup.

Sementara, penderita klamidia mungkin juga menunjukkan gejala. Yang meliputi keluarnya cairan encer berwarna putih dari penis, sakit saat buang air kecil, dan nyeri pada alat kelamin pria.

3. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing (ISK) terjadi ketika salah satu bagian dari saluran kemih terinfeksi oleh bakteri atau virus. Penyakit ini dapat terjadi karena aktivitas seksual, retensi urine, batu ginjal, pembesaran prostat, diabetes, dan masalah lainnya.

Ketika terserang ISK, alat kelamin pria mungkin berbau amis. Tak hanya bau, gejala lain yang mungkin muncul, yakni sering buang air kecil, sensasi terbakar saat kencing, dan urine nampak keruh atau berwarna merah muda. 

Artikel Pilihan