Menu

Cobain Yuk! Moms, Makanan Bergizi Ini Cocok untuk Anak di Tengah Pandemi, Biar Kebal dari Virus!

02 Oktober 2020 18:15 WIB

Ilustrasi ibu dan anak sedang memasak (iStock/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan anak merupakan prioritas untuk orang tua, apalagi ketika sedang di masa pandemic seperti ini, kesehatan anak harus benar-benar dijaga dan dioptimalkan. Hal ini harus dilakukan karena nutrisi yang cukup serta gizi yang seimbang bisa membantu meningkatkan imunitas anak di masa pandemic.

Menurut Spesialis Gizi Klinis, dr Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp.GK mengatakan bahwa ibu harus memberikan makanan bernutrisi yang bervariasi selama masa pandemic ini karena bisa membantu menjaga nafsu makan anak.

“Orangtua harus bisa membangun sistem imun tubuh anak yang terjaga, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi,” kata dr Juwalita dalam webinar bertajuk “Biasakan Anak Terapkan Gizi Seimbang Selama di Rumah Aja”.

Kemudian, Dr Juwalita juga memberikan penjelasan bahwa asupan nutrisi yang paling baik di tengah masa pandemic ini adalah makanan yang dimasak sendiri oleh ibu di rumah, karena kandungan gizi dan juga kebersihannya sudah terjamin aman.

“Makanan yang sehat dan bernutrisi adalah makanan yang dimasak ibu di rumah. Karena kebersihan dan nutrisinya lebih terjamin,” ujarnya.

Jika ingin menyediakan makanan yang baik untuk anak, Dr Juwalita memberikan saran untuk ibu-ibu agar memperhatikan empat aspek yang harus dipenuhi dalam memberikan asupan makanan harian untuk buah hati. Yang pertama ialah harus memenuhi karbohidrat seperti nasi, kentang, dan juga jagung.

“Yang pertama adalah karbohidrat, tidak harus nasi, bisa juga berupa kentang, jagung atau umbi-umbian,” papar dr Juwalita.

Kemudian, asupan yang kedua adalah buah-buahan, menurut Dr Juwalita, sayur serta buah memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena kandungan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

“Nomor dua adalah sayur dan buah yang mengandung serat,” lanjutnya.

Kemudian, asupan yang harus dipenuhi adalah protein, gula, garam, serta minyak. Hal ini dibutuhkan oleh buah hati untuk memberikan energi pada tubuh mereka. 

“Untuk sumber energi, dibutuhkan juga makanan yang mengandung protein, serta gula, garam, dan minyak,” jelas dr Juwalita.

Terakhir, dr Juwalita menyarankan ibu untuk memberikan makanan ringan selingan yang bergizi seperti kacang-kacangan, agar-agar atau susu kedelai.

Artikel Pilihan