Menu

Risiko Mati Muda Mengancam Gegara Kebanyakan Nonton, Yakin Masih Mau Binge Watching Seharian?

16 Agustus 2022 14:30 WIB

Ilustrasi menonton film horror. (pinterest/freepik)

HerStory, Medan —

Menonton merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Bagaimana tidak, dengan tayangan series atau film kamu bisa mendapatkan sensasi dunia baru yang seru.

Apalagi kini tersedia berbagai platform streaming yang mudah diakses. Gak heran jika banyak yang menghabiskan waktu luang dengan menonton.

Aktivitas ini sering disebut sebagai binge watching yaitu di mana seseorang menonton tanpa henti untuk menghabiskan seluruh episode serial tertentu. Tanpa disadari banyak waktu yang habis karena aktivitas ini.

Meski menghibur, aktivitas binge watching memiliki sejumlah risiko yang harus diwaspadai, lho. Salah satunya adalah ancaman kematian dini.

Kebanyakan duduk dan menonton tanpa melakukan aktivitas fisik lain kurang baik bagi kesehatan tubuh. Kegiatan ini dapat menyebabkan masalah serius, seperti penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol melibatkan 13.284 lulusan muda. Mereka sepakat bahwa terlalu banyak menonton akan meningkatkan risiko mati muda.

Penelitian yang berjalan selama 8,2 tahun tersebut menemukan sebanyak 97 kematian dengan 19 kasus yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular, 46 kanker, serta 32 disebabkan oleh hal lain.

Tak hanya itu, menonton TV tiga jam atau lebih juga meningkatkan risiko kematian dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang menonton TV sejam atau kurang.

Para peneliti menyarankan untuk mengurangi aktivitas menonton tak lebih dari satu atau dua jam per hari. Tak hanya itu, diperlukan aktivitas fisik seperti olahraga untuk menghindari kebiasaan menetap pada posisi yang sama dalam waktu yang lama.