Menu

Bau Mulut yang Tak Sedap Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis, Jangan Sepelekan Moms!

18 Agustus 2022 12:06 WIB

Ilustrasi bau mulut. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kamu pasti pernah mengalami kondisi saat tiba-tiba mulut menimbulkan bau yang tak sedap. Bau mulut bisa membuat rasa percaya diri seseorang turun drastis. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi gejala munculnya penyakit kronis.

Berikut ini beberapa penyakit kronis yang meimbulkan gejala bau mulut, dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Asam Lambung

Bau mulut bisa terjadi karena seseorang mengalami penyakit asam lambung. Bau yang keluar dari mulut orang yang mengalami penyakit asam lambung biasanya beraroma asam.

Hal itu terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Jika itu terjadi, mulut pun berbau asam.

2. Diabetes

Aroma yang keluar dari mulut orang yang menderita penyakit kronis diabetes biasanya berbau seperti buah. Bau mulut dari penderita diabetes biasanya keluar ketika jumlah insulin tak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi.

Ketika hal itu terjadi, tubuh membakar lemak. Pembakaran itu menghasilkan asam keton. Asam keton itulah yang akhirnya memunculkan bau seperti aroma buah dari mulut.

3. Penyakit Ginjal

Jika mulut beraroma seperti urine ataupun amis, kamu harus waspada. Sebab, hal itu bisa jadi merupakan gejala penyakit ginjal. Ginjal yang tak berfungsi dengan baik akan membuat racun dan zat sisa metabolisme tidak bisa dibuang melalui urine.

Racun itu lantas menumpuk lalu menyebar ke seluruh tubuh. Bau mulut akan muncul.

Itulah beberapa penyakit kronis yang bis amenimbulkan gejala bau mulut tak sedap. Jika kamu mengalami bau mulut, jangan sungkan untuk cek kesehatan ke dokter terdekat ya Moms. Hal ini berguna untuk mengetahui kondisi kesehatanmu.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari