Menu

Moms, Ini Sederet Gejala Leukimia pada Anak, Salah Satunya Sakit Perut, Waspada Ya!

19 Agustus 2022 14:00 WIB

Ilustrasi anak sedang sakit perut. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Leukimia adalah kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Selain menyerang orang dewasa, leukimia juga bisa terjadi pada anak-anak.

Leukimia sering kali sulit terdeteksi karena gejalanya mirip dengan penyakit lain. Deteksi dini diperlukan supaya penyakit yang satu ini bisa segera ditangani.

Melansir dari Times Now News (19/8/2022), berikut ini beberapa gejala leukimia pada anak yang perlu Moms waspadai. Yuk, simak baik-baik, ya!

Sakit perut

Anak-anak yang menderita leukimia mungkin akan mengeluh sakit di bagian perut. Hal ini dikarenakan sel-sel leukimia dapat menumpuk di organ yang menyebabkan mereka membesar.

Selain itu, anak-anak juga jadi memiliki nafsu makan yang buruk atau mereka mungkin enggak bisa makan dalam jumlah normal.

Anemia

Ketika tubuh memproduksinya secara berlebihan, sel darah putih menjadi penuh sesak dan itu mebuat sulit untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup. Hal ini menyebabkan kondisi yang disebut anemia.

Kesulitan bernapas

Sel leukimia dapat menggumpal di sekitar timus yangg kemudian dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Timus merupakan kelenjar yang terletak di tengah rongga dada.

Anak-anak dengan leukimia mungkin juga menderita batuk.  Mereka mungkin juga mengalami sesi pernapasan yang menyakitkan dan kemudian berkembang menjadi keadaan darurat medis.

Nah, itulah beberapa gejala leukimia pada anak. Hati-hati ya, Moms!

Artikel Pilihan