Menu

Memperingati HUT ke-75 TNI, Susi Pudjiastuti Sampaikan Pesan Ini

05 Oktober 2020 17:00 WIB

Susi Pudjiastuti (Instagram/susipudjiastuti115)

HerStory, Jakarta —

Eks Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, turut merayakan peringatan HUT ke-75 TNI yang jatuh tepat pada hari ini, 5 Oktober 2020. Ada pesan dan harapan yang turut ia sampaikan diperayaan kali ini lewat tagar Dirgahayu TNI yang menggema dan menjadi trending topic di Twitter.

Lewat akun resmi Twitter miliknya, wanita berusia 55 tahun ini menyampaikan suka citanya diperingatan hari jadi TNI yang ke-75. Susi berharap agar para prajurit Tentara Nasional Indonesia mampu menjaga dan mengayomi negeri ini.

"Dirgahayu TNI selalu menjadi penjaga Kedaulatan NIKRI, Mengayomi Negeri," tulisnya seperti dikutip, Senin (5/10/2020).

Tak hanya Susi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut merayakan peringatan HUT TNI lewat cuitan di laman Twitter terverifikasinya.

Dalam cuitannya itu, Jokowi mengapresiasi peran TNI yang turut membantu mendisiplinkan warga di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Mulai dari mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

"Di tengah pandemi ini, para prajurit TNI tetap menjadi tentara profesional dan kebanggan rakyat. TNI membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan PSBB di daerah yang menerapkan, juga menjalankan operasi kemanusiaan. Dirgahayu TNI," cuit Jokowi.

Menurut sejarah, pembentukan TNI tepat satu bulan lebih setelah Kemerdekaan Republik Indonesia. Dulu, TNI ini dikenal dengan nama Badan Keamanan Rakyat yang diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

TKR dibentuk pada 5 Oktober 1945 berdasarkan maklumat yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia. TKR dibentuk dari hasil peningkatan fungsi Badan Keamanan Rakyat yang sudah ada sebelumnya dan tentara intinya diambli dari bekas PETA.

Dirgahayu HUT ke-75 untuk Tentara Nasional Indonesia!!