Menu

Moms, Anak Sudah Mulai Kecanduan Bermain Gim Daring? Atasi dengan Cara Berikut Ini Aja!

06 Oktober 2020 11:15 WIB

ilustrasi ibu dan anak (Unsplash/Alexander Drummer)

HerStory, Jakarta —

Bermain gim merupakan salah satu hal yang bisa menjadi hiburan untuk buah hati di rumah ketika sedang enggak mengerjakan pekerjana sekolah. Bermain gim bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga anak kecil. Namun, ternyata jika terlalu sering bermain gim bisa membuat anak menjadi kecanduan, lho, Moms!

Tentu untuk mengatasi hal ini Moms akan merasakan kesulitan, namun harus tetap dicoba. Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi buah hati yang sudah mulai kecanduan bermain gawai dan juga gim daring!

Berkomunikasi dengan Anak

Hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan berkomunikasi dengan anak, mengajak anak berbicara anak bisa menjadi salah satu cara agar anak enggak menjadi kecanduan bermain gim daring di gawai. Kemudian, dengan berbicara dengan buah hati bisa membuat Moms menjadi lebih memahami keinginan anak dan bisa melakukan pendekatan terhadap buah hati, Moms.

Hindari Sifat Otoriter

Moms, usahakan untuk jangan sampai bersikap otoriter kepada buah hati ya seperti mengambil paksa mainan yang sedang anak mainkan. Hal ini bisa membuat anak menjadi merasa kesal dan juga marah karena hal yang disukainnya diambil oleh orang tua mereka, meskipun mengambil gawai itu baik untuk anak namun akan lebih baik lagi jika Moms mengambil gawai tersebut secara baik-baik.

Jangan Langsung Melarang

Moms, meski gim daring itu berbahaya, namun jika Moms bisa mengontrol anak dalam bermain gim daring di gawai mereka maka hal ini bisa menjadi sebuah hiburan dan juga wadah untuk anak mendapatkan pengetahuan baru. Jika ingin anak berhenti bermain gim, akan lebih baik jika Moms melarangnya dengan halus, karena jika enggak semakin anak dilarang maka anak akan semakin melawan.

Alihkan Perhatian

Terakhir, Moms bisa mencoba untuk mengalihkan perhatian anak agar enggak bermain gim daring dari gawai. Menjadi hal yang baik jika anak diperbolehkan untuk bermain di luar rumah dan melakukan aktifitas kesukaan mereka seperti bermain air, bermain sepeda atau kegiatan lain yang bisa membantu anak teralihkan dari gim daring. Hal ini juga baik karena bisa membantu anak untuk belajar bersosialisasi dengan anak-anak yang lain.

Silahkan dicoba, Moms! Semoga bermanfaat ya!