Menu

Catat! Kata Dokter Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Popok Bayi, Jangan Disepelin Ya Moms

23 Agustus 2022 19:49 WIB

Ilustrasi mengganti popok (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Moms, memiliki bayi tentu saja mengharuskan kita untuk memberikan perhatian dan perawatan ekstra, tak terkecuali dalam hal menjaga kulit si kecil.

Sebabnya, kulit bayi memang sangat sensitif, apalagi di bagian bokong. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan agar popok tetap kering sehingga tak membuat kulit bayi mengalami iritasi.

Terkait hal itu, Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, SpA, MKes IBCLC., pun menyarankan orang tua untuk mengganti popok anak maksimal setiap empat jam meski popoknya kering karena si kecil belum buang air kecil.

"Jadi, orang tua, caregiver sebaiknya mengganti popok anak sebelum menjadi terlalu lembap sehingga menyebabkan ruam pada kulit. Menurut penelitian pun, mengganti popok sebaiknya minimal setiap empat jam," kata dr. Citra, saat acara Peluncuran MamyPoko Royal Soft "Softness by Nature" di Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Selasa (23/8/2022).

Dokter Spesialis Anak di Primaya Hospital Bekasi Timur ini pun menuturkan, jika popok tak diganti secara rutin, dikhawatirkan anak-anak akan mengalami iritasi kulit seperti ruam popok karena kebanyakan bayi punya kulit sensitif. 

Menurutnya, kulit bayi 30 persen lebih halus dan lembut dibanding orang dewasa. Oleh karenanya, kulit bayi rentan mengalami masalah kulit seperti diaper dermatitis atau ruam popok.

“Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, masih berkembang. Jadi, kalau terkena iritan akan lebih gampang kehilangan kelembapannya dan lebih rentan teriritasi sehingga sering muncul ruam," papar dr. Citra.

Dikatakan dr.Citra, ada banyak faktor yang mencetuskan iritasi, mulai dari keringat yang menyumbat pori-pori, jenis detergen atau bahan baju, hingga jenis popok. 

"Agar kulit bayi terawat sebaiknya orang tua menjaga kelembaban kulit bayi dengan optimal. Hindari kulit kering atau zat yang mudah mengiritasi kulit seperti parfum atau deterjen, serta jauhkan dari alergen seperti debu," tuturnya.

Lebih lanjut, dr. Citra juga bilang, selain sering mengganti popok, para orang tua juga sebaiknya memberi pelembap pada bagian tubuh yang tertutup popok. 

"Boleh dikasih pelembap seperti petroleum jelly atau pelembab kulit yang mengandung ceramides, kemudian diangin-angin dulu sampai kering baru dikasih popok," tandas dr. Citra.

Gak cuma itu, dr. Citra pun menyarankan orang tua memakaikan pakaian berbahan katun agar kulit bayi gak mudah iritasi.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Moms!