Menu

Pahami 5 Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah, Jangan Sampai Jadi Stroke Ya, Bahaya!

31 Agustus 2022 07:25 WIB

Ilustrasi sakit stroke. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Pembuluh darah merupakan organ menyerupai selang yang terdapat di seluruh tubuh, mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Fungsinya, mengatur tekanan darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Secara alami, pembuluh darah bisa menyempit atau melebar sesuai kebutuhan darah dalam tubuh. Hal ini terjadi karena pengaruh aktivitas otot dan saraf pada dinding pembuluh darah.

Jika ada penyumbatan di dalam pembuluh darah, maka stroke pun bisa terjadi. Maakanya, kamu harus mengetahui gejala penyumbatan pembuluh darah sejak dini supaya bisa mencegahnya.

Melansir dari berbagai sumber (31/8/2022), berikut ini beberapa gejala penyumbatan pembuluh darah yang harus kamu tahu. Yuk, simk baik-baik, ya!

Keseimbangan tubuh terganggu

Jika penyumbatan pembuluh darah terjadi, maka bisa mengganggu koordinasi gerak tubuh seseorrang. Inilah yang bisa membuat keseimbangan tubuh seseorang terganggu, bahkan sampai hilang akibat adanya penyumbatan yang disebabkan oleh plak.

Kehilangan kemampuan bicara

Saat ada penyumbatan pembuluh darah, seseorang akan muulai mengalami kehilangan kemampuan berbicara. Ini terjadi akibat kurangnya kadar oksigen dan darrah pada otak bagian kiri, sehingga memengaruhi kemampuan orang dalam menggerakan mulutnya.

Kejang

Kejang bisa terjadi saat ada penyempitan pembuluh darah. Biasanya, kejang terjadi selama dua menit atau berlangsung lebih lama jika sudah mengalami kerusakan otak yang serius.

Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan juga bisa muncul pada orang yangg mengalami penyumbatan pembuluh darah. Gangguan penglihatan ini akan menyebabkan pandangan menjadi buram, berkabut, bahkan sampai enggak bisa melihat sama sekali.

Kepribadian berubah

Kinerja otak yang terganggu akan membuat seseorang mengalami momen ketika kepribadian berubah. Bahkan, ada bebberapa orang yang akan mengalami depresi akibat penyumbatan pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa gejala penyumbatan pembuluh darah yang harus kamu pahami. Semoga bermanfaat, ya!