Menu

Berapa Sih Usia yang Tepat untuk Mulai Cek Kolesterol Darah?

31 Agustus 2022 11:10 WIB

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah dan tubuh membutuhkannya untuk beberapa fungsi biologis. Tetapi, meskipun begitu banyak keterlibatan biologis, kolesterol darah selalu dipandang sebagai pelakunya.

Itu karena kadar kolesterol darah yang tinggi pada pembuluh darah dan mempersempitnya dan mempengaruhi aliran darah melalui arteri. Terkadang endapan ini putus dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau bahkan stroke.

Apa yang membuat kolesterol darah menjadi ancaman bagi kesehatan manusia adalah alasan bahwa tingkat yang meningkat tidak menunjukkan gejala apa pun. Hanya ketika ia berkembang ke tahap dari tempat sulit untuk mengembalikan tubuh, seseorang mulai melihat gejala.

Satu-satunya cara untuk memantau kolesterol darah adalah dengan memeriksanya secara teratur. Tapi, kapan sebaiknya kita mulai menguji kadar kolesterol darah?

Sesuai American Heart Association, seseorang harus menguji kadar kolesterol darah mulai dari usia 20, Beauty.

"Untuk menguji kadar lipid pada anak -anak, disarankan agar mereka melakukannya setelah mereka berusia 9 tahun. Dan sekali lagi, pengulangan disarankan antara kelompok 17 hingga 20 tahun," saran Dr Praveen Kulkarni, senior Ahli Kardiologi di Global Hospitals Parel, Mumbai, dikutip dari Times of India, Rabu (31/8/2022).

"Kolesterol harus diperiksa mulai dari awal kehidupan - bahkan anak -anak dan remaja harus memeriksa kolesterol mereka," CDC AS merekomendasikan.

Adalah bijaksana untuk mengadopsi kebiasaan reguler untuk mendapatkan tes kolesterol darah yang dilakukan mengingat prevalensi kolesterol darah tinggi di antara populasi. Sesuai studi penelitian kolesterol tinggi hadir pada 25-30% subjek pedesaan perkotaan dan 15-20% di India. Sesuai penelitian 2017, selama 20 tahun total kolesterol, kadar kolesterol LDL dan trigliserida telah meningkat di antara populasi perkotaan.

Menekankan pada gaya hidup dan kebiasaan diet anak-anak muda, Dr Ashutosh Shukla, Direktur Senior-Internal & Penasihat Medis Max Hospital, Gurugram, mengatakan, pihaknya mendesak orang untuk terus memeriksa kolesterol mereka mulai dari usia 25 tahun. Selanjutnya, kita pun disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiao setahun sekali.

Secara keseluruhan, para ahli merekomendasikan individu di atas 20 tahun harus menyelesaikan tes setiap 5 tahun dan memposting bahwa frekuensi pengujian dapat meningkat.

Lantas, bagaimana cara mengelola kolesterol darah tinggi?

Diet yang tepat, berolahraga, dan menjauhkan diri dari hal -hal dan aktivitas yang mengganggu kehidupan sehat normal dapat membantumu menjaga kolesterol darah, Beauty.

Kamu juga perlu ingat ya, kolesterol darah tak dapat dihindari setelah usia tertentu karena faktor-faktor tertentu, itu juga fakta bahwa kadar mereka dapat diturunkan di bawah ambang batas hanya dengan membuat beberapa perubahan dalam kebiasaan gaya hidup yang ada.

Jadi. mendiagnosis kadar kolesterol dan mengelolanya akan menyelamatkanmu dari komplikasi kesehatan yang serius.