Menu

3 Jajanan Ini Ternyata Bisa Bikin Kolesterol Jahat Meroket, Masih Mau Bandel?

02 September 2022 10:00 WIB

Macaroni Mac N Cheese (iStock)

HerStory, Jakarta —

Kadar kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Jika enggak ditangani dengan serius, kadar kolesterol tinggi bisa memicu munculnya komplikasi kesehatan yang lebih berbahaya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol kolesterol tinggi, salah satunya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, yaitu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Melansir dari laman Your Tango (2/9/2022), berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Burger keju

Burger menjadi salah satu menu makanan pilihan saat seseorang malas makan nasi. Namun, ternyata sering konsumsi burger bisa berbahaya untuk kesehatan.

Dalam satu porsi burger keju cepat saji biasanya mengandung mulai dari 35 mg hingga 222 mg kolesterol jahat. Jadi, konsumsi burger terlalu banyak bisa membuat kolesterol jahat meroket.

Es krim

Es krim dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Pasalnya, satu cangkir es krim cokelat mengandung sekitar 15.36 gram lemak jenuh.

Selain itu, es krim juga mengandung tinggi gula. Es krim memang bisa meningkatkan kolesterol jahat, tapi kamu tetap bisa menikmatinya sesekali dan enggak banyak-banyak.

Mac and cheese

Bahan-bahan untuk membuat mac and cheese (Mentega, susu murni, dan keju) mengandung kolesterol jahat dalam jumlah besar.

Namun, kamu bisa mengganti bahan-bahan tersebuut dengan alternatif yang lebih sehat. Dengan begitu, kamu bisa menghindari naiknya kadar kolesterol jahat.

Nah, itulah beberapa makanan alias jajanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Hati-hati!

Artikel Pilihan