Menu

Beware, 4 Tanda Kamu Memiliki ‘Penyakit’ Berbahaya di Usus, Nomer 1 Sering Dianggap Biasa Nih!

02 September 2022 14:25 WIB

Ilustrasi saki perut bagian kanan sebagai tanda dari usus buntu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, masalah perut seringkali bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius, seperti penyakit gastro intestinal (GI)dan menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, diperkirakan 60 juta dan 70 juta orang Amerika menderita masalah ini.

National Library of Medicine menyatakan, penyakit GI berkontribusi besar terhadap penggunaan perawatan kesehatan di Amerika Serikat. Total pengeluaran untuk penyakit GI adalah $135,9 miliar per tahun-lebih besar daripada penyakit umum lainnya.

Karenanya, mengetahui tanda-tanda penyakit ini dapat membantumu mendapatkan diagnosis yang lebih cepat dan perawatan yang lebih cepat, Beauty. 

Dikutip dari Eat This, inilah empat tanda penyakit usus yang harus diwaspadai, menurut Suhail Salem, MD Gastroenterologist dengan United Medical Doctors and Dignity Health Northridge Hospital.

Apa itu Penyakit Usus?

Dr. Salem mengatakan, penyakit usus mengacu pada masalah baik di usus kecil atau besar. Ada banyak penyebab penyakit usus, termasuk infeksi, kondisi peradangan seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, penyumbatan fisik, disfungsi pada otot yang memfasilitasi transit normal melalui sistem pencernaan, dan kanker, di antara masalah lainnya."

Siapa yang Beresiko?

Salem mengatakan, setiap orang memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit usus dalam perjalanan hidup. Kebanyakan orang akan akrab dengan keracunan makanan, yang paling sering disebabkan oleh kontaminasi virus atau bakteri dari makanan. 

Untungnya, sebagian besar tidak serius dan tak memiliki efek jangka panjang. Beberapa individu mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk penyakit usus seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, penyakit Celiac (alergi gluten), atau kanker usus besar. 

Operasi perut meningkatkan risiko jaringan parut yang dapat menyebabkan penyumbatan di usus. Selain itu, penggunaan obat-obatan jangka panjang seperti opiat menyebabkan kelumpuhan fungsi usus. Kondisi medis kronis seperti Diabetes juga memengaruhi fungsi saluran usus dan sering mengalami masalah usus.

Bagaimana Kita Dapat  Mencegah Penyakit Usus?

Salem mnegatakan, untuk mencegah penyakit ini, pastikan untuk menjaga saluran usus dengan mengonsumsi serat dalam jumlah yang diperlukan setiap hari, yaitu 25-30 gram setiap hari. Ini akan membantu meningkatkan fungsi usus yang baik, sekaligus bermanfaat bagi kita, Beauty.

Kueidan cara lainnya adalah seperti menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hindari antibiotik yang tidak perlu, karena hal ini dapat menyebabkan gangguan pada mikrobioma usus  dan terkadang menyebabkan infeksi usus besar yang serius.

Pastikan juga ntuk melakukan skrining kanker usus besar mulai usia 45 tahun, atau lebih awal jika kamu memiliki riwayat keluarga kanker usus besar.

"Penyakit usus dapat berdampak signifikan pada kehidupan dan kesehatan sehari-hari. Mereka dapat menyebabkan berbagai gejala mengganggu yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari," kata Dr. Salem.

Dia juga bilang, penyakit usus dapat memengaruhi kebiasaan makan, termasuk apa yang kita makan, seberapa banyak yang kita bisa makan, serta seberapa baik kita dapat mengekstrak nutrisi dari makanan yang kita makan. 

Dan berikut ini adalah empat tanda yang harus diwaspadai dari penyakit usus ini, Beauty:

1. Kembung

Menurut Dr. Salem, kembung adalah salah satu gejala penyakit usus yang paling umum. Saluran usus terdiri dari usus kecil sepanjang 22 kaki dan usus besar 5 kaki. 

Saluran pencernaan yang panjang ini dapat terisi dengan gas dan limbah yang membuat kita merasa kembung. Ada banyak faktor berbeda yang dapat menyebabkan perasaan ini, termasuk kebiasaan makan serta berbagai penyakit usus.

2. Muntah

Dr. Salem menuturkan, jika ada penyumbatan atau disfungsi di saluran usus, makanan dan cairan tidak akan dapat melewatinya secara normal dan dapat menyebabkan kitaa muntah, Beauty.

3. Diare

Salem menjelaskan, saluran usus biasanya melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk memproses makanan dan air, menyerap sebagian besar cairan di sepanjang jalan, dan menghasilkan limbah padat. Penyakit saluran usus dapat membahayakan kemampuan usus untuk melakukan tugasnya. 

4. Sakit perut

"Nyeri di perut bisa mengindikasikan masalah pada saluran usus," kata Dr Salem. Penyakit termasuk infeksi, penyumbatan, serta sirkulasi yang buruk ke usus, semuanya bisa menyebabkan sakit perut.

Artikel Pilihan