Menu

Beauty Sering Sesak Napas? Ini 7 Makanan Pembersih Paru-paru yang Wajib Dikonsumsi, Semua Bisa Didapat di Pasar atau Supermarket Lho

06 September 2022 12:12 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang mengidap paru-paru basah. (Freepik/eddows-animator)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahukan bahwa makanan tertentu bisa membantu menyehatkan paru-paru? Ya, ini karena makanan-makanan tersebut dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, hingga mengurangi peradangan.

Nah, kira-kira apa saja ya makanan yang dimaksut? Langsung aja kepoin yuk!

1. Teh hijau

Melansir dari Medical News Today, teh hijau mengandung banyak senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Sebuah penelitian pada 2018 menyatakan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik ketimbang mereka yang gak pernah minum teh hijau.

2. Bawang putih

Sifat anti-inflamasi dan tingkat allicin yang tinggi pada bawang putih bisa membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru lho Moms. Selain itu, bawang putih juga dianggap sebagai obat yang efektif dalam mengatasi adma dan menurunkan risiko kanker paru.

3. Apel

Bukan rahasia lagi jika apel sarat dengan berbagai nutrisi. Ya, kandungan flavonoid dan berbagai vitamin lainnya membantu mempertahankan sistem pernapasan yang sehat lho Moms.

Bahkan, apel digadang-gadang menajdi salah satu makanan yang kerap direkomendasikan ahli gizi untuk mengatasi masalah paru-paru.

4. Jahe

Berikutnya siapa yang tak tahu jahe. Ya, bumbu dapur satu ini dikenal sebagai salah satu obat mujatab untuk mengatasi berbagai penyakit. Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat membersihkan paru-paru secara alami.

5. Kacang merah

Nah, kacang merah merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Hemoglobin sendiri diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan trfansportasi oksigen dari paru-paru ek seluruh tubuh.

Selain itu, hemoglobin juga bisa merangsang proses internal yang mengembalikan karbondioksia kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan tubuh.

6. Bit

Beberapa dari Beauty masih terdengar asing dengan buah atu ini. Buah berwarna ungu ini memiliki senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru lho.

Melansir dari laman Healthline, bit kaya akan nitrat. Nah, fungsi nitrat itu sendiri membantu mengoptimalkan pengambilan oksigen.

7. Kunyit

Tak beda jauh dengan jahe, rempah-remoah yang satu ini juga mampu memberuikan dampak kesehatan menyeluruh, termasuk paru-paru. Pasalnya, kunyit membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah pernapasan.

Itulah tujuh makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru. Mudah ditemukan kan Moms?