Menu

Sering Merasa Ngeblank? Bisa Jadi Penyebabnya Kabut Otak Lho, Yuk Cari Tahu Penyebabnya Moms!

06 September 2022 16:30 WIB

Ilustrasi pusing (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering merasa ngeblank tiba-tiba? Bisa jadi kamu mengidap kabut otak Beauty. Kabut otak sebenarnya bukan kondisi medis resmi, tapi kondisi ini membuat penderitanya susah berkonsentrasi dan gak fokus ketika memikirkan sesuatu.

Kabari baiknya adalah kondisi tersebut hanya sementara dan otak bisa kembali ke jalur semula dengan penyesuaian gaya hidup yang tepat. Nah, berikut ini beberapa aktivitas dan cara yang membantumu menghilangkan kabut otak, antara lain:

1. Tidur nyenyak

Tingkat stres mungkin meningkat sebagai akibat dari pola tidur yang buruk, dan kemampuan otak untuk relaks dan memulihkan diri juga terhambat. Kamu kehilangan sel-sel otak setiap hari, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menumbuhkan sel-sel baru setiap malam jika mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak. 

Tubuh dan otak perlu tidur untuk membersihkan diri dari racun berbahaya yang mungkin menyebabkan kabut otak.

2. Latih otak kamu

Bermain permainan otak adalah cara yang bagus untuk meningkatkan daya ingat, terutama bagi orang tua. Otak kamu hidup lebih lama jika terus menggunakannya. 

Mencoba hal-hal baru dengan cara baru tampaknya membantu menjaga jalur saraf dan sel. Sel-sel otak baru bahkan bisa dibuat. 

Intinya, mengubah rutinitas dapat membantu menjaga kinerja kognitif. Untuk latihan otak tambahan, kamu bisa mencoba sudoku, jigsaw puzzle, dan permainan kata.

3. Jalan-jalan

Kesehatan secara keseluruhan sangat diuntungkan dengan berjalan-jalan secara teratur. 

Selain itu, berjalan telah terbukti memiliki berbagai efek positif pada kesehatan mental, termasuk menghilangkan stres, menghilangkan kabut otak, dan meningkatkan kecepatan pemecahan masalah. 

Berjalan meningkatkan aliran darah ke otak, yang telah dikaitkan dengan peningkatan memori, penurunan risiko gangguan kognitif, dan kemampuan otak yang lebih tinggi.

4. Ubah asupan makan kamu 

Anehnya, salah satu alasan utama kabut otak adalah kesehatan usus yang buruk. Diet kamu berdampak pada seberapa baik fungsi otak dan dapat meningkatkan beberapa kemampuan mental seperti memori dan konsentrasi. 

Beberapa bahan makanan, termasuk ikan berlemak, blueberry, kopi, dan kunyit, dianggap dapat meningkatkan daya ingat dan mendukung fungsi otak yang sehat.

Jika kamu mengalami hilang konsentrasi atau ngeblak tiba-tiba, coba lakukan empat tips di atas sebelum kondisimu semakin memburuk. Jangan dianggap sepele ya Beauty!

Artikel Pilihan