Menu

Lagi Musim Pancaroba, Dokter Anjurkan untuk Konsumsi Makanan Berikut Agar Tubuh Tetap Kuat

07 September 2022 21:50 WIB

Makanan sehat. (Unsplash/Anna Pelzer)

HerStory, Medan —

Musim pancaroba diyakini sebagai masa di mana banyak orang mudah terserang penyakit. Menanggapi hal ini, dr. Inge Permadhi selaku ahli gizi menyarankan setiap orang untuk lebih dahulu mengenali kondisi tubuhnya.

Pada dasarnya setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Ada yang mudah terserang penyakit jika mengonsumsi makanan tertentu, ada pula yang kebal.

“Setiap orang biasanya tahu kelemahannya, misalnya jika ia atau yang dingin akibatnya ia terserang batuk. Atau orang yang makan terlalu banyak pedas, langsung lambungnya perih. Ada lagi orang yang makannya gak teratur menyebabkan ia masuk angin. Jadi setiap orang harus tahu kelemahannya masing-masing,” terang dr. Inge saat dihubungi oleh Herstory (7/9/2022).

Saat musim pancaroba di mana cuaca sedang panas, seseorang cenderung memilih minuman yang dingin agar tubuh terasa segar. Maka, saat tubuhnya ternyata sensitif terhadap es, ia berisiko mengalami batuk.

“Jadi, harus diketahui kondisi tubuh masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, kala cuaca panas dan tubuh kekurangan air, maka batuk juga mengancam. 

“Saat udara panas sekali dan seseorang kurang minum maka akan menyebabkan saluran pernapasan dan saluran cerna kekurangan cairan, dehidrasi. Ini yang memudahkan seseorang menjadi batuk,” terang dr. Inge.

Satu hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat khususnya di musim pancaroba adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Tak hanya itu, dr. Inge menegaskan bahwa kerutinan dalam mengonsumsi makanan adalah hal yang harus dijaga.

“Secara umum makanan yang bersih dan makan yang teratur adalah sesuatu yang harus dilakukan kapanpun,” terangnya.

Yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan yang cukup. Secara kalori cukup dalam membentuk energi untuk beraktivitas. Karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan gizi lainnya terpenuhi agar tubuh dapat bekerja secara normal dan optimal.

Dokter Inge menegaskan bahwa kebutuhan air juga harus dipenuhi apalagi komponen terbanyak penyusun tubuh adalah cairan. Makanan sehat dan seimbang adalah kunci untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Artikel Pilihan