Menu

Jangan Diabaikan, Ini 3 Gejala Stres yang Sering Gak Disadari, Hati-hati Ya!

12 September 2022 08:30 WIB

Ilustrasi seseorang sedang menyendiri. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Stres merupakan perubahan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormin adrenalin dan kortisol.

Kondisi ini akan membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat. Stres bisa dirasakan siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak.

Melansir dari berbagai sumber (12/9/2022), berikut ini beberapa tanda atau gejala stres yang sering enggak disadari. Yuk, simak baik-baik, ya!

Energi berkurang dan insomnia

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan kronis dan gangguan tidur yang bisa mengakibatkan penurunan tingkat energi.

Selain itu, stres juga dapat mengganggu kualitas tidur dan bisa menyebabkan insomnia atau sulit tidur. Inilah yang dapat menyebabkan energi rendah.

Perubahan libido

Ternyata banyak orang yang mengalami perubahan dalam dorongan seks selama priode stres. Sebuah studi telah mengungkapkan hal tersebut.

Orang-orang yang memiliki tingkat stres kronis yang tinggi akan mengalami gairah seksual yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat stres lebih rendah.

Depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres kronis dapat dikaitkan dengan depresi. Sebuah studi menemukan bahwwa tingkat stres yang tinggi dikaitkan dengan timbulnya depresi berat pada remaja.

Selain stres, ada beberapa hal yang bisa memicu depresi, antara lain sejarah keluarga, usia, faktor lingkungan, dan efek obat atau penyakit tertentu,

Nah, itulah beberapa gejala stres yang harus diwaspadai. Hati-hati, ya!