Menu

Waduh! Ternyata DBD Bisa Merenggut Nyawa Lho Moms, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Ini

12 September 2022 17:05 WIB

Nyamuk Aedes Aegypti pemicu DBD (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Moms, penyakit demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Untuk mencegahnya, biasanya dilakuakn penyemprotan atau figging agar jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti tidak berkembang biak.

Meski begitu, kamu juga harus melakukan pencegahan sendiri di rumah Moms. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah demam berdarah, antara lain:

1. Bersihkan bak mandi

Air menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. Ya, nyamuk betina akan bertelur di dingding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya.

Nah, berikutnya larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga tahap akhir. Oleh sebab itu, kamu harus rutin membersihkan bak mandi. Selain itu, hindari genangan-genangan air yang ada di rumah.

2. Gunakan kasa nyamuk

Alat satu ini sangat berguna Moms. Pasalnya, kasa nyamuk dapat mencegah nyamuk dari luar masuk ke dalam rumah. Kamu bisa memasang kasa di pintu atau jendela rumahmu.

3. Hindari menumpuk atau menggantung baju

Apakah kamu memiliki kebiasaan menumpuk atau menggantung baju? Jika iya, mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut. Ini karena tumpukan baju bisa menjadi tempat favorit nyamuk hingga karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia.

4. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu

Ketika kamu bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup Moms. Pasalnya, kamu juga harus tetap melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang bepergian.

Selain itu, kamu juga bisa memasang kelambu saat tidur untuk menghindari gigitan nyamuk.

5. Mengubur barang bekas

Nyamuk menyukai tempat kotor Moms. Jika kamu memiliki barang yang sudah tidaj terpakai lagi, alangkah lebih baik jika kamu menguburnya saja. Ini karena barang-barang bekas berpotensi menjadi tempat perkembang biakan nyamuk penular demam berdarah.

Itulah lima cara yang wajib kamu lakukan sebagai upaya pencegahan penularan DBD yang masih terus naik. Selain itu, terus menjaga imun tubuh dengan menjaga pola hidup sehat ya Moms.