Menu

Kanker Serviks Mengancam! Jangan Pernah Lakukan 2 Hal Bahaya Ini pada Miss V, Akibatnya Fatal, Moms!

13 September 2022 14:05 WIB

Ilustrasi kanker serviks (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Vagina merupakan salah satu organ vital wanita yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Pasalnya area tubuh ini sangat sensitif sehingga jika tak dijaga maka ada risiko terkena kanker serviks.

Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari jika tak ingin terkena kanker serviks. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah Herstory rangkum berikut ini.

Mencuci area Miss V dengan sabun beraroma

Sabun beraroma biasanya mengandung bahan kimia yang dapat menganggu keseimbangan asam pada Miss V. Vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri sehingga kamu tak perlu menggunakan sabun dengan zat kimia tertentu pada area ini.

Penggunaan sabun pada Miss V dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, aktivitas ini akan menyebabkan gangguan seperti munculkan keputihan yang berlebih hingga kanker serviks.

Jarang mengganti pembalut

Pembalut merupakan benda untuk menambung darah yang keluar saat menstruasi. Wanita tak boleh menggunakan pembalut yang sama selama 8 jam lebih. 

Sebaiknya rutin untuk mengganti pembalut saat sedang menstruasi. Hal ini berguna untuk menjaga kelembaban vagina tetap stabil dan mengindari tumbuhnya bakteri pada vagina.

Pembalut mengandung zat kimia seperti dioksin dan klorin. Penggunaan pembalut dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita.