Menu

Si Kecil Susah Suka Makan Nasi? Begini Tips Ampuh Mengatasinya, Bun! Catat Baik-Baik Ya!

16 Oktober 2020 10:00 WIB

Ilustrasi anak yang susah makan (MOMables/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bunda, pastinya kamu sering khawatir ketika si kecil menolak atau susah makan nasi. Padahal, nasi menjadi salah satu sumber energi dan karbohidrat utama yang penting untuk menunjang tumbuh kembangnya. Tentu sudah banyak hal yang kamu lakukan agar si kecil doyan makan nasi, bukan?

Banyak hal yang menyebabkan si kecil susah makan nasi, Bun. Mungkin, si kecil merasa bosan dengan rasa dan tektur nasi yang cenderung hambar dan lunak. Atau bahkan, karena terlalu banyak makan makanan manis sehingga ia merasa cepat kenyang dan menolak untuk makan makanan berat, seperti nasi.

Selain mengandung karbohidrat, nasi juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, nasi juga mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh si kecil. Seperti yang disebut dalam laman Huffington Post, nasi menyimpan banyak nutrisi, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Bun, buat kamu yang udah kehabisan akal untuk membujuk si kecil agar mau makan nasi, berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/10/2020), berbagai tips jitu yang bisa kamu lakukan agar si kecil doyan makan nasi.

Lebih variatif lagi olah nasinya, Bun

Bun, jangan langsung menyimpulkan kalau si kecil enggak suka makan nasi saat ia menolak nasi yang kamu suguhkan. Bisa jadi, si kecil merasa bosan dengan olahan nasi yang gitu-gitu aja. Nah, di sini kamu dituntut untuk lebih variatif lagi, Bun.

Kamu bisa berkreasi dengan warna untuk mengolah nasi biar lebih variatif. Tapi, tetap harus menggunakan pewarna dari bahan-bahan alami ya. Entah jus buah bit untuk warna merah, kunyit untuk warna kuning, bayam untuk warna hijau, dan lain sebagainya.

Atau, kamu juga bisa mengolah nasi dengan bentuk yang lebih variatif. Misalnya, bentuk bola-bola, boneka, hingga bentuk hati sekali pun. Denagn begitu, si kecil lebih tertarik untuk memakannya.

Ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, Ok juga Bun!

Bunda pasti tahu kan kalau sumber karbohidrat enggak cuma nasi aja. Kalau si kecil enggak suka atau susah makan nasi, kamu bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat pengganti. Misalnya, olahan kentang, jagung, hingga roti lapis alias sandwich yang menggiurkan.

Tambahin sedikit rasa pada nasi, mungkin bikin si kecil suka Bun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab si kecil enggak tertarik makan nasi adalah dari rasanya. Ya, seperti yang Bunda tahu, rasa asli nasi memang cenderung hambar. Untuk meningkatkan nafsu makan si kecil, kamu bisa menambahkan sedikit rasa nasi lho, Bun.

Misalnya, mengganti air saat memasak nasi dengan santan atau kaldu yang lebih gurih. Atau mungkin, kamu bisa memberikan perasan jeruk nipis atau daun pandan  biar aroma nasi lebih mengugugah selera.

Menjelaskan pentingnya 4 sehat 5 sempurna ke si kecil, Bun

Terakhir, kamu bisa mengedukasi si kecil betapa pentingnya asupan makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya. Zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Seperti karbohidrat, protein, vitamin, dna juga mineral.

Jelaskan pula kepada si kecil makanan 4 sehat itu terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan. Lalu, untuk nutrisi kelima sebagai penyempurna perlu ditambah susu. Bunda juga bisa berdiskusi dengan si kecil menu apa saja yang ia inginkan dalam pola makan 4 sehat 5 sempurna ini. 

Semoga membantu ya, Bun!