Menu

Cuaca Dingin Bikin Kamu Sering Makan? Hati-hati Berat Badan Naik Lho Moms, Begini Cara Mengatasinya

14 September 2022 12:40 WIB

Wanita sedang menimbang berat badan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Cuaca dingin seperti sekarang ini kerap kali membuat kita untuk terus makan atau nyemil. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membuat berat badan kita bertambah Moms. Namun, benarkah musim dingin berkaitan dengan penambahan berat badan?

Melansir dari hindustantimes, Rabu (14/9/2022) ternyata ada beberapa alasan berat badan seseorang bisa bertambah saat musim dingin, yaitu:

1. Penurunan suhu yang tiba-tiba

Ketika hari menjadi lebih dingin, orang-orang lebih merasa sulit untuk bergerak dan memilih untuk tetap berada di dalam ruangan. Akibatnya, mereka enggan untuk bepergian ataupun olahraga.

Hal inilah yang membuat aktivitas fisik menurun dan berat badan pun bisa bertambah.

2. Hari teras lebih pendek

Menurut dr Aparna Govil, selama suas dingin, matahari terbit lebih lambat dan tenggelam lebih awal sehingga menyebabkan hari menjadi pendek. Kondisi ini juga berpengaruh dalam menghambat rutinitas dan terkadang seseorang tak bisa menemukan waktu untuk ke luar.

3. Malam yang lebih panjang

Biasanya, kamu akan merasa kalau malam hari lebih lama saat cuaca dingin. Akibatnya, seseorang akan tidur lebih lama dari biasanya.

4. Seasonal affective disorder (SAD)

Ini merupakan jenis gangguan yang dikaitkan dengan perubahan musim. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang mengalami perubahan suasana hati, tidak aktif, dan energi menurun.

5. Mengonsumsi makanan yang hangat

Beberapa orang mungkin akan memilih makanan dan minuman hangat saat cuaca sedang dingin. Namun, makanan tersebut justru bisa membuat kembung serta penambahan berat badan Moms.

Dari beberapa penyebab di atas, kamu bisa melakukan beberap hal berikut untuk mencegahnya, seperti:

  • Mendapatkan sinar matahari yang cukup. Kondisi SAD akan membuat seseorang enggan berolahraga. Untuk mencegahnya, kamu harus mendapatkan matahari yang cukup. Usahakan untuk keluar setiap hari saat sinar matahari mulai muncul.
  • Berolahraga. Moms, olahraga tak harus di luar ruangan. Kamu bisa tetap sehat dengan melakukan olahraga di dalam ruangan.
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Hindari makanan cepat saji seperti makanan olahan atau kalengan. Selain itu, hindari pula makanan yang berminyak dan perbanyak makan buah dan sayuran.

Itu dia tips mengatasi penambahan berat badan di cuaca dingin. Jangan sampai hawa dingin justru membuatmu kehilangan aktivtas fisik ya Moms!

Artikel Pilihan