Menu

Jarang Banget Disadari, Ini 7 Tanda Gula Darahmu Rendah Beauty, Please Jangan Diabaikan!

15 September 2022 11:15 WIB

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kita semua tahu bahwa kelebihan gula dalam darah menyebabkan diabetes. Namun, kekurangan gula dalam darah atau gula darah rendah juga berefek negatif bagi kesehatan, lho. Oleh karena itu, meski takut dengan diabetes, kita tetap harus konsumsi gula agar tak terkena dampak negatif gula darah rendah.

Dan tahukah kamu, Beauty, gula darah rendah terjadi ketika kadar glukosa darah turun di bawah 70 mg/dL dan sementara siapa pun dapat mengalami kondisi tersebut.

Dr. Romy Block, spesialis bersertifikat di bidang kedokteran endokrin dan metabolisme, sekaligus anggota American Thyroid Association, mengatakan, gula darah rendah dapat disebabkan karena tak cukup makan, malnutrisi, kehamilan, kanker langka, dan efek samping obat termasuk diabetes dan obat-obatan lainnya.

Sementara itu, Laura McDermott MS, RDN, CD Ahli Gizi Diet Terdaftar dan Ahli Diet Bersertifikat dengan Grup Terapi Fisik RET, menambahkan, obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gula darah rendah, banyak di antaranya digunakan untuk membantu mengobati diabetes. 

Dr. Block pun mengatakan, gula darah adalah apa yang digunakan tubuh untuk memproses dan menghasilkan energi. Karenanya, penting untuk memasukkan karbohidrat sehat ke dalam makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan susu untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuh. Lebih lanjut, ia pun mengatakan, gula darah rendah dapat menyebabkan gejala parah termasuk kejang, koma, dan kematian.

Ia pun menjelaskan, sebagian orang mengalami gejala gula rendah, tetapi mereka mungkin tak mengenali gejala tersebut. Ini dapat mencakup iritabilitas, kecemasan, palpitasi, kebingungan, dan kelelahan. 

“Gejalanya tidak spesifik, jadi penting untuk mengetahuinya. Makanlah makanan dan camilan dengan diet seimbang yang sehat. Jika gejala tak membaik dengan perubahan pola makan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk membantu menilai hipoglikemia. Mereka mungkin merekomendasikan tes darah lanjutan, monitor glukosa berkelanjutan profesional, atau konseling nutrisi,” terangnya.

Dan dikutip dari Eat This, Kamis (15/9/2022), berikut adalah beberapa tanda kamu memiliki gula darah rendah, Beauty. Yuk simak!

1. Penglihatan Kabur

Lisa Richards, ahli gizi dan penulis Candida Diet, mengatakan, penglihatan kabur adalah gejala gula darah rendah karena fluktuasi air masuk dan keluar dari mata. Karena hal ini menyebabkan mata berubah bentuk, penglihatan bisa menjadi kabur.

2. Kebingungan

Richards pun mengatakan, kebingungan adalah gejala gula darah rendah. Ini adalah akibat otak tidak mendapatkan cukup glukosa untuk mengirim sinyal ke tubuh secara efisien dan mengisi bahan bakar sel-selnya.

3. Gemetar dan Selalu Merasa Cemas

Menurut McDermott, pelepasan epinefrin saat gula darah terlalu rendah menciptakan gejala tubuh goyah atau gemetar, serta tak ayal orang tersebut mengalami cemas berlebihan.

4. Sakit kepala

McDermott bilang, perubahan norepinefrin dan epinefrin mengakibatkan perubahan perilaku pembuluh darah yang dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Detak Jantung Lebih Cepat

Dikatakan McDermott detak jantung yang lebih cepat disebabkan oleh pelepasan epinefrin (adrenalin) ketika gula darah rendah.

6. Kelaparan

McDermott menyatakan, saat gula darah turun, tubuh akan memproduksi hormon seperti ghrelin untuk merangsang rasa lapar, sehingga kamu ingin selalu makan.

7. Mengidam Gula

Fungsional Medicine Ahli diet Taylor Stolt, RDN, LD, CLT, IFNCP mengatakan, jika gula darah rendah, maka tubuh akan mengirim sinyal bahwa ia membutuhkan bentuk energi yang cepat alias gula.