Menu

Moms, Jangan Pernah Abaikan Puting Gatal dan Bersisik, Ini Alasannya!

19 September 2022 14:05 WIB

Ilustrasi payudara kencang dan sehat (premiumorganic.id/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Tak jarang seseorang bisa mengalami puting yang terasa gatal dan menganggu kenyamanan. Meski sering dianggap sepele, nyatanya ada sejumlah penyebab, baik ringan hingga berat yang bisa memicu puting gatal.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa puting gatal bisa disebabkan karena kulit kering, stres hingga tanda seseorang memasuki masa menopause. Kondisi itu jika dibiarkan dapat membuat puting mengalami peradangan.

Menurut Mayo Clinic, kulit kering juga kerap terkait dengan kondisi seperti eksim. Kondisi dingin dan berangin juga dapat mengeringkan kulit seseorang, seperti halnya pemanas yang menyerap kelembapan dari udara.

Terlalu lama mandi dengan air hangat juga bisa jadi penyebabnya. Ini dikarenakan air panas dapat menghilangkan minyak alami yang menghidrasi kulit.

Di sisi lain, penyebab puting gatal lainnya juga karena reaksi alergi ketika kulit bersentuhan dengan iritan. Mulai dari pengaruh  deterjen, sabun, losion, atau bahkan mulai memakai jenis kain yang berbeda.

Jika kulit di sekitar puting berwarna merah, gatal, bengkak, bersisik atau bahkan terbakar, kemungkin itu bisa disebabkan oleh kasus dermatitis kontak, menurut Klinik Cleveland.

Sementara itu, penasihat medis di Ohio, Kimberly Langdon menjelaskan bahwa penyebab lain puting gatal adalah kondisi hamil. Pergeseran hormon dan peregangan kulit selama kehamilan dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kulit yang gatal dan sensitif, termasuk di bagian puting, menurut

Menurutnya, rasa gatal ringan selama kehamilan biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi perhatikan jika rasa gatal menjadi intens, terutama saat seseorang mencoba untuk tidur.

Pasalnya, itu bisa menjadi tanda kolestasis kehamilan, komplikasi serius yang memerlukan perhatian medis.

Menopause juga bisa membuat puting seseorang wanita gatal. Saat kadar hormon estrogen tubuh turun, kulit menjadi lebih kering dan tipis sehingga membuatnya lebih rentan terhadap gatal dan iritasi.

Adapun puting yang gatal biasanya bukan pertanda masalah kesehatan utama. Walau begitu, kondisi itu tidak boleh disepelekan karena ada kemungkinan ruam payudara yang gatal atau bersisik menjadi tanda kanker payudara.

Tak terkecuali tanda kanker payudara inflamasi atau penyakit Paget, catat Dr. Goldstein. Kanker ini jarang terjadi, tetapi jika gejala puting atau payudara tidak hilang, maka penting untuk memeriksakannya.