Menu

3 Artis Kondang Ini Bangun Rumah Ibadah Meski Beda Agama: Krisdayanti Malah Dihujat! Kenapa ya?

22 September 2022 11:00 WIB

Krisdayanti (Instagram/krisdayantilemos)

HerStory, Jakarta —

Perbedaan agama tak menghalangi sederet artis Tanah Air ini untuk membangun rumah ibadah. Deretan artis berikut ini mendirikan rumah ibadah untuk penganut agama lain yang tak satu keyakinan dengan mereka.

Mereka membangun rumah ibadah untuk agama lain dengan alasan tertentu, mulai dari niat membantu hingga nazar yang harus direalisasikan. Hal ini tentu saja menjadi perilaku yang layak dicontoh oleh siapa pun. Menolong dengan ikhlas tanpa memandang sebuah keyakinan. 

Penasaran siapa saja artis yang begitu ringan tangan hingga mendirikan tempat ibadah meski beda agama? Merangkum dari berbagai sumber, berikut tiga di antaranya.

Amanda Manopo

Siapa yang tak kenal dengan artis cantik Amanda Manopo? Namanya semakin bersinar usai sukses membintangi sinetron Ikatan Cinta. Amanda Manopo pernah membuat publik tersentuh dengan niat mulianya yang ingin membangun sebuah masjid.

Niat baiknya itu, semata-mata sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki berlimpah yang diberikan Sang Pencipta. Menyoal niat mulianya itu, rupanya Manda tak berniat untuk mencari pahala. Ia hanya ingin memberikan tempat ibadah yang layak untuk banyak orang.

"Pastinya saya enggak mencari sebuah pahala," kata Amanda Manopo saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Saya memang membangun sesuatu hal yang lebih tepatnya sebuah tempat ibadah yang layak dan juga baik, untuk dipakai orang beribadah menjadi lebih aman, lebih nyaman dan lebih tenang," ujar Amanda Manopo.

Rencananya, bintang sinetron Ikatan Cinta ini akan membangun masjid di beberapa wilayah. Salah satunya berada di daerah Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur.

Selain itu, wanita usia 21 tahun ini juga menyebut alasan lain dirinya membangun masjid. Rupanya, hal itu dilakukan lantaran Amanda Manopo telah bernazar.

"Karena semua rezeki yang saya punya ini, misalnya gini, saya mau mendapat rezeki seperti ini, jadi kayak nazar, nanti hasilnya akan diberikan kepada siapa," ucap Amanda Manopo.

Krisdayanti

Sebagai anggota DPR, Krisdayanti tak pandah bulu dalam membantu masyarakat, termasuk membangun tempat ibadah untuk agama lain. Beberapa waktu lalu, santer dikabarkan Krisdayanti yang membantu merenovasi sebuah gereja di Malang.

Lewat Instagramnya, Krisdayanti nampak mengabadikan momen kala dirinya ikut dalam peletakan batu pertama didampingi oleh pendeta dan para jemaat.

Dalam video yang diunggahnya, terlihat ibu Aurel Hermansyah ini yang menangis kala ikut berdoa bersama dengan pendeta. Unggahan Krisdayant itu pun dibanjiri beragam pujian yang datang dari rekan artis dan warganet.

Mereka ikut dibuat haru melihat aksi sosial yang dilakukan Krisdayanti yang membangun sebuah gereja, meski memiliki keyakinan berbeda. Kendati begitu, aksi sosial ibu empat anak itu juga dibanjiri beragam hujatan yang datang dari warganet. 

Tak sedikit di antara warganet yang justru mencibir niat baik Krisdayanti. Mereka menuturkan, Krisdayanti yang seorang muslim tak pantas bila ikut berdoa bersama dengan pendeta.

Banyak pula di antara mereka yang menyebut bila niat baik Krisdayanti tersebut hanya ingin mencari pujian duniawi saja.

Ruben Onsu

Suami Sarwendah ini juga mengulurkan tangan untuk membantu pembangunan masjid. Pada 2019 silam, Ruben Onsu membantu pembangunan masji di daerah Serang, Banten.

Ayah tiga anak itu dikabarkan merenovasi bangunan masjid lama dan menambah luas bangunan hingga mengganti kubah masjid tersebut. Diakui Ruben, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk niat baiknya menolong sesama tanpa bermaksud apapun.

Artikel Pilihan