Menu

Rutin Makan Apel Bisa Usir Kolesterol Jahat, Benar Gak Sih? Begini Kata Studi...

26 September 2022 14:00 WIB

Buah apel termasuk ke dalam makanan yang bisa menghambat penyerapan kalsium. (Freepik/KamranAydinov)

HerStory, Jakarta —

Apel merupakan salah satu buah paling populer di seluruh dunia. Apel juga mengandung banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh.  

Dalam 100 gram apel terkandung kalori, air, protein, karbohidrat, vitamin C,  serat, kalsium, fosfor, natrium, vitamin A, kalium, dan masih banyak lagi.

Nutrisi yang ada di dalam buah apel ditemukan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit tertentu.

Lantas, apa benar rutin mengonsumsi buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh?

Melansir dari laman Verywell Health (26/9/2022), ada sebuah studi yang meneliti kaitan antara buah apel dengan kolesterol. 

Sebagian besar penelitian enggak meneliti efek dari buah apel utuh, tapi juga meneliti makanan yang dilengkapi dengan komponen sehat dalam apel, seperti pektin, polifenol, serat larut, atau kombinasi dari semua komponen tersebut.

Hasilnya, kandungan di dalam apel kemungkinan berkontribusi pada perbaikan kadar kolesterol karena mengandung pektin dan polifenol.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa polifenol yang terkandung dalam apel dapat menurunkan oksidasi kolesterol jahat yang bisa berkontribusi pada pembentukan aterosklerosis.

Ada cukup banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati manfaat dari buah apel. Namun, cara teerbaik untuk mendapatkan nutrisinya adalah dengan memakan buahnya secara langsung.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita