Menu

Moms Perlu Tahu, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Si Kecil Super Cerdas Lho! Nomor 1 Favorit Sejak Lahir!

22 Oktober 2020 07:00 WIB

Ilustrasi ibu dan anak sedang memasak (iStock/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Memiliki anak yang tumbuh dengan otak cerdas tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Maka dari itu, banyak hal yang dilakukan orang tua agar si kecil tumbuh dengan perkembangan otak yang baik. Salah satunya ialah lewat memberikan asupan makanan bernutrisi yang membantu perkembangan otak si kecil.

Sebuah penelitian melaporkan, dalam tiga tahun pertama kehidupan, otak si kecil bertambah iga kali lipat beratnya dan mengembangkan seribu koneksi saraf.

Dengan pertumbuhan yang cepat tersebut, sudah sepaptutnya pula memastikan si kecil mendapat asupan nutrisi terbaik. Karena nutrisi memainkan peran besar dalam perkembangan otak anak lho, Moms.

Berikut ini HerStory rangkum lima jenis makanan yang membantu meningkatkan kecerdasan otak si kecil, seperti disadur dari laman youbabyandi.com, Kamis (22/10/2020).

Air Susu Ibu (ASI)

Jenis makanan nomor satu ini dijamin jadi asupan favoritnya banyak orang sejak baru lahir. Apa lagi kalau bukan Air Susu Ibu alias ASI. ASI menjadi salah satu asupan yang membantu meningkatkan IQ si kecil lho, Moms.

ASI sangat tinggi akan lemak, yang membantu perkembangan otak. Komposisi ASI berubah selama menyusui. Susu bagian depan berwarna biru dan tinggi protein, sedangkan susu bagian belakang lebih berwarna krem dan kaya akan lemak.

Enggak cuma membantu meningkatkan kecerdasan aja. ASI juga memberikan si kecil sistem kekebalan yang baik dan penurunan semua risiko alergi. Secara keseluruhan, menyusui memiliki manfaat jangka panjang yang kuat untuk si kecil. Ini juga termasuk penurunan risiko obesitas di tahun-tahun berikutnya.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, trout, sarde, tering, hingga tuna, mengandung omega 3 yang baik untuk tubuh. Kandungan omega 3 dapat membantu perkembangan otak juga lho, Moms. Lemak sangat penting dan membantu otak si kecil tumbuh dengan baik.

DHA yang ditemukan dalam asam lemak omega 3 adalah salah satu hal terpenting dalam perkembangan otak. Asupan ikan selama menyusui juga membantu meningkatkan DHA dalam ASI yang diberikan.

Telur

Selanjutanya adalah telur yang kaya akan nutrisi lengkap di dalamnya. Telur mengandung zat besi, vitamin B, omega 3, yodium, dan kandungan lainnya untuk membantu perkembangan otak. Telur juga memiliki kombinasi asam amino terbaik dan protein yang diperlukan oleh tubuh.

Daging

Protein dan dan lemak sangat membantu otak anak berkembang. Moms, kamu bisa menyertakan asupan protein ke si kecil melalui asupan ayam, ikan, telur, dan juga daging merah.

Daging merah mengandung zat besi dan B12 yang membantu meningkatkan energi dan stimulasi serta perkembangan mental. Saat baru lahir, bayi memiliki simpanan zat besi sendiri dan akan bertahan sekitar enam bulan.

ASI enggak kaya akan zat besi, sebab itulah kamu bisa memberikan asupan zat besi ini lewat makanan, Moms.

Sayuran hijau

Terakhir ialah sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin serta mineral baik yang dibutuhkan oleh tubuh, Sayuran hijau kaya akan folat, yang sangat penting dikonsumsi selama hamil. Tapi, folat juga dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil setelah lahir.

Folat merupakan vitamin B yang ditemukan dalam selada, kangkung dan juga bayam. Enggak cuma itu, kandungan folat juga mudah ditemui dalam lentil, asparagus, dan buah-buahan seperti mangga dan jeruk.

Nah Moms, itu tadi lima jenis makanan yang membantu perkembangan otak cerdas si kecil. Kamu bisa mengolah jenis makanan tersebut menjadi kudapan yang bikin si kecil tergiur.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!