Menu

Gejalanya Seperti Sakit ‘Biasa’, Padahal Ini 5 Tanda Utama dari Kanker Mematikan! Please Jangan Abai...

27 September 2022 13:15 WIB

Ilustrasi kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker adalah penyebab kematian kedua di AS, menurut CDC.

Namun meski berbahaya, tapi jika didiagnosis lebih awal dan ditindaklanjuti dengan perawatan yang tepat, prognosisnya sebenarnya sangat baik, begitu menurut Luona Sun, MD, ahli bedah payudara di NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center. 

"Saya memberi tahu pasien saya, jangan takut dengan diagnosis itu sendiri, tetapi kenali sepenuhnya fakta dan secara proaktif berpartisipasi dalam perawatan Anda,” tutur Sun.

Dan dilansir dari Eat This, Selasa (27/9/2022), berikut adalah lima tanda kanker yang harus diketahui semua orang.

1. Benjolan yang Tak Dapat Dijelaskan

Benjolan di payudara yang tak dapat dijelaskan penyebabnya bisa jadi merupakan tanda kanker payudara

"Kesadaran diri payudara adalah bagian penting dari deteksi dini kanker payudara," kata Stacy Ugras, MD. 

"Kami memiliki beberapa hasil yang sangat baik, bahkan dengan penyakit yang awalnya tampak sangat agresif. Jika benjolan terdeteksi selama pemeriksaan mandiri, pastikan untuk mencari perawatan karena selalu ada sesuatu yang dapat kami lakukan untuk mengobatinya,” tambahnya.

2. Pendarahan Setelah Menopause

Pendarahan tak terduga setelah menopause bisa menjadi tanda kanker serviks.

"Apakah Anda memiliki bercak darah atau pendarahan berat, itu sering tidak normal dan bisa menjadi tanda kanker rahim atau serviks," kata Eloise Chapman-Davis, MD. 

Setelah menopause, wanita mungkin akan melihat setetes darah saat mereka menyeka dan terkadang itu mengarah pada diagnosis yang terlambat karena mereka pikir itu terkait dengan, katakanlah infeksi saluran kemih atau wasir. Dan mereka pun akhirnya mengabaikannya. 

3. Sakit Punggung

Sakit punggung bisa menjadi tanda kanker pankreas

"Nyeri punggung, terutama nyeri punggung yang membangunkan seseorang di malam hari, adalah gejala klasik," kata Allyson Ocean, MD. 

Gejala umum lainnya adalah penurunan berat badan, sakit perut, dan penyakit kuning (mata dan kulit menguning), yang terjadi ketika tumor menyumbat saluran empedu.

4. Kembung dan Sakit Perut

Kembung dan nyeri yang tak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda kanker ovarium

"Gejala awal mudah diabaikan dan mungkin termasuk kembung, sakit perut, cepat kenyang, dan sering buang air kecil," kata David Fishman, MD. 

Gejala lain termasuk kelelahan, pendarahan vagina yang tidak teratur, kenaikan atau penurunan berat badan yang tak dapat dijelaskan, sembelit, dan sakit punggung. 

Jika kamu mengalami salah satu dari gejala ini selama dua minggu, itu tak normal untukmu, Beauty. Maka konsultasikan dengan dokter dan jika perlu, tanyakan terkait pengujian tambahan untuk melihat apakah indung telurmu memiliki kelainan. 

5. Sakit maag

Sakit maag kronis bisa menjadi tanda kanker kerongkongan. 

"Setiap orang bisa mengalami mulas sesekali. Tapi perubahan signifikan dalam gejala refluks mungkin menjadi perhatian," kata ahli gastroenterologi Felice Schnoll-Sussman, MD. 

"Jika Anda mengalami gejala refluks lebih sering daripada sebelumnya, kemudian makanan kerap tersangkut saat menelan, Anda harus mengunjungi dokter untuk dievaluasi,” tambahnya.

Share Artikel:

Oleh: Riana Agustian

Artikel Pilihan