Menu

Ternyata Begini Suka Duka Miliki Pasangan Beda Suku, Butuh Perjuangan!

01 Agustus 2021 08:30 WIB

ilustrasi pasangan suami istri (Pexels/Jonathan Borba)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah pacaran beda suku? Terkadang pacaran dengan berbeda agama saja berat, sama halnya dengan beda suku. Kita tahu bahwa negara kita ini kaya akan keberagaman suku budaya maka enggak heran kalau kita sering menemukan pasangan yang berbeda suku.

Tentu, setiap hubungan memiliki suka dan dukanya masing-masing, begitu juga dengan pasangan yang berbeda suku. Namun, tentu menjalin hubungan dengan berbeda suku memiliki tantangannya sendiri. Berikut ini adalah deretan suka duka menjalin hubungan beda suku!

Steriotipe tentang Daerah Asal

Untuk pasangan yang menjalin hubungan asmara atau bahkan sudah menikah dengan perbedaan suku pasti sering mendapatkan steriotipe mengenai daerah asal masing-masing. Seperti misalkan ada yang mengatakan untuk enggak menjalin hubungan dengan orang Padang karena memiliki karakter yang perhitungan dan lain sebagainya. Kamu pernah kayak gini?

Dilarang Menikah Berbeda Suku

Karena masih kentalnya steriotipe di tengah masyarakat kita maka hal ini yang membuat beberapa pasangan berbeda suku menjadi sulit untuk menikah. Untuk orang tua yang masih percaya dengan tradisi zaman dulu maka akan memberikan saran atau kritik yang bisa membuat kita terkadang menjadi ragu dengan pasangan kita sendiri.

Bingung ketika Mudik Lebaran

Selanjutnya, pasangan yang berbeda suku akan merasa bingung ketika masa mudik sudah tiba. Setiap suku memiliki tradisi masing-masing ketika lebaran yang tentu saja enggak bisa ditinggalkan begitu saja, oleh karena itu, akhirnya pasangan yang memiliki perbedaan suku terkadang merasa bingung harus mengikuti tradisi yang mana.

Belajar Budaya Baru

Enggak selamanya perbedaan suku mendatangkan duka. Suka yang dialami oleh pasangan berbeda suku adalah jadi belajar budaya baru dari pasangan sendiri. Hal ini bisa membuat kita semakin memahami arti toleransi dengan orang lain yang memiliki perbedaan dengan diri kita.

Nah, jadi gimana, Beauty? Mau sama yang satu suku atau berbeda, nih?

Artikel Pilihan