Menu

Wadidaw! Ternyata Persepsi Tentang Diet Berikut Ini Salah, Lho!

23 Oktober 2020 17:20 WIB

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Diet merupakan salah satu yang biasa dilakukan oleh semua orang untuk mengurangi berat badan mereka, selain itu diet juga bisa menjadi salah satu syarat untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan tertentu. Terdapat berbagai jenis diet seperti diet Mayo, diet ala idol K-Pop, diet DEBM, dan diet yang lainnya.

Namun, setiap jenis tentu memiliki perspektifnya masing-masing, bukan? Dan masih banyak orang yang salah melihat perspektif tersebut. Nah, kira-kira apa saja sih kesalahan perspektif mengenai diet? Berikut ini rangkuman HerStory khusus untuk kamu!

Angka di Timbangan sebagai Indikator Sukses Diet

Angka timbangan jika kamu gunakan sebagai indikator kesuksesan kamu dalam menjalani diet itu sebenarnya kurang tepat, lho! Karena di dalam tubuh kita ini memiliki banyak komposisi yang lain, seperti lemak dan juga air. Ketika kadar air di dalam tubuh kita menurun maka angka timbangan akan secara otomatis ikut menurun, namun biasanya bentuk tubuh kita akan tetap sama. 

Hal ini dikarenakan hanya kadar air kita saja yang turun bukan kadar lemak. Karena itu sering ditemukan orang dengan berat badan dan juga tinggi badan yang sama disatu orang yang sama.

Porsi Makan yang Sedikit

Ketika kita menjalani diet, pasti yang kita pikirkan adalah mengurangi konsumsi makanan. Memang benar kalau dalam proses penurunan berat badan kita harus melakukan kalori deficit atau mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, tetapi beberapa orang ketika diet hanya mengonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit.

Hal ini ternyata enggak baik, lho! Karena jika hal ini dilakukan maka tubuh kamu akan mengalami kekurangan nutrisi dan ketika sudah selesai berdiet kamu akan mengalami peningkatan porsi diet makan dari sebelumnya.

Kurang Makanan Berat, Banyak Makan Camilan

Selanjutnya adalah lebih banyak memakan camilan daripada makan makanan berat. Hal ini akan membuat kamu semakin sulit menurunkan berat badan, lho! Karena kandungan yang ada di dalam camilan seperti keripik, kentang goreng, donat, brownies, serta camilan lainnya memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Ketika enggak memakan makanan yang memiliki serat tinggi, maka tubuh kamu akan lebih merasa mudah lapar, selain itu camilan juga dianggap sebagai hidangan kecil, yang dimakan dengan jumlah banyak dan enggak menyadari bahwa kandungan kalori yang dimiliki sangat besar.

Diet dalam Waktu Cepat

Sebenarnya diet merupakan lifestyle yang dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Diet dalam jangka waktu singkat seperti diet dalam 7 hari, dalam 1 bulan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal karena saat sudah berhenti melakukan diet meskipun berat badan sudah menurun tubuh cenderung akan lebih cepat kembali ke berat semula dan bahkan lebih berat dari sebelumnya.

Berikut adalah kesalahan perspektif mengenai diet, semoga enggak dilakukan oleh kalian ya Beauty!