Menu

Hari Polio Sedunia, Ternyata Dua Negara Ini Belum Dinyatakan Bebas Polio, Lho!

26 Oktober 2020 17:20 WIB

Ilustrasi pemberian vaksin. (Pixabay/Katja Fuhlert)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahu nggak sih kamu kalau setiap tanggal 24 Oktober itu diperingati sebagai Hari Polio Sedunia atau World Polio Day. Peringatan ini sengaja dirayakan sebagai bentuk upaya untuk menjadikan dunia terbebas dari penyakit polio dan juga sebagai tanda pengehormatan kepada segala usaha untuk memberantas penyakit ini di berbagai negara.

Menurut artikel yang dilansir (25/10) dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), polio atau poliomyelitis merupakan sebuah penyakit menular yang bisa melumpuhkan tubuh hingga bisa berisiko pada kematian. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh virus polio yang menyerang bagian orak dan sumsum tulang belakang manusia.

Kemudian, virus polio ini mampu menyebar dari satu orang ke orang yang lain, dan anak-anak memiliki risiko paling tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Polio bisa menjadi penyakit yang berbahaya karena enggak ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini, sehingga satu-satunya cara untuk menahan penyebarluasan penyakit ini adalah dengan vaksin pada anak-anak.

Hampir seluruh dunia sudah dinyatakan bebas dari penyakit polio, termasuk Indonesia yang sudah ditetapkan bebas polio oleh WHO semenjak tahun 2014 lalu. Selanjutnya, negara Afrika juga sudah dinyatakan terbebas dari penyakit polio semenjak Agustus 2020.

Namun, meski begitu masih ada dua negara yang terus berjuang untuk membasmi penyakit ini yaitu Afghanistan dan Pakistan. Perayaan Hari Polio Sedunia 2020, CDC dalam program Global Polio Eradication Initiative (GPEI) dan mitra sedang berkonsentrasi beradaptasi bagaimana upaya pemberantasan polio tidak terhambat pandemi Covid-19.

Mirisnya, berdasarkan laporan selama Januari hingga Juli 2020, tercatat 41 kasus polio terjadi di Afghanistan. Padahal di tahun 2019, di periode yang sama hanya terjadi 15 kasus. Ini artinya, pandemi menimbulkan kenaikan kasus polio di Afghanistan sebanyak 26 kasus. Demikian juga dengan kasus polio di Pakistan yang dilaporkan meningkat pada 2020.

Hari Polio Sedunia ini memberikan kesempatan untuk menyoroti upaya global menuju dunia bebas polio, serta menghormati kontribusi tak kenal lelah dari mereka yang berada di garis depan dalam perjuangannya memberantas polio dari setiap sudut dunia.

Melalui Global Polio Eradication Initiative (GPEI), CDC bekerja sama dengan mitranya untuk memberantas polio dan mengakhiri penderitaan akibat penyakit mematikan ini.

Share Artikel:

Oleh: Virgilery Levana