Menu

Wadaw! Ahli Gizi Ini Dicibir Usai Sebut Rahim Adalah Penyebab Perut Buncit

30 Oktober 2020 13:15 WIB

Ilustrasi wanita dengan perut buncit. (nycgreenschools.org/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Seorang ahli gizi menuai cibiran dari para ahli kesehatan karena dianggap salah mengidentifikasi organ tubuh. Nutrisionis asal Amerika Serikat ini menyebut benjolan di perut bagian bawah wanita adalah rahim, sehingga perut menurutnya memang enggak harus rata.

Wanita bernama Colleen Christensen ini mengatakan hal tersebut dalam sebuah unggahan di Instagram, saat membicarakan betapa frustasinya memikirkan perut yang susah rata.

"FYI, benjolan di perut bagian bawah kamu adalah uterus (rahim)," tulisnya di Instagram. Mungkin, maksud Christensen baik, ia ingin wanita-wanita yang susah payah menjaga berat badan dan bermimpi memiliki perut rata tapi belum berhasil, enggak terdemotivasi. Namun, kesalahan mengidentifikasi organ tubuh itu membuatnya diserang para ahli kesehatan.

"Gemuk itu 100 persen normal, tapi mengatakan benjolan adalah rahim jelas tidak akurat secara medis," kata Joshua Wolrich, seorang dokter di Inggris, menanggapi unggahan tersebut.

"Rahim kamu ada di tulang panggul sampai kehamilan kurang lebih pekan ke-12, jadi rahim sendiri tidak membuatmu buncit kecuali hamil," jelasnya.