Menu

Musim Hujan Tiba! Lakukan Ini untuk Jaga Imunitas Tubuh Kamu!

02 November 2020 11:00 WIB

Musim Hujan. (Yns.Plt/Unsplash)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kita sudah memasukki bulan November, nih. Ini tandanya musim hujan sudah datang! Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan semenjak beberapa minggu yang lalu. Tentu kita tahu bahwa ketika hujan akan banyak penyakit yang menghantui kita, nih!

Kalau imunitas tubuh kita enggak baik, kita bisa dengan mudah terkena penyakit, lho, seperti flu, batuk, hingga diare. Nah, supaya aktifitas kamu bisa terus berjalan tanpa ada halangan penyakit, lebih baik kamu lakukan hal berikut ini agar kamu bisa tetap sehat selama musim hujan!

Rajin Cuci Tangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan rajin mencuci tangan. Apalagi ketika setelah memegang sesuatu atau ketika sebelum makan. Hal ini dikarenakan, tangan yang menurut kamu sudah bersih belum tentu sudah terbebas dari kuman, lho

Selain itu, tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering menyentuh banyak benda yang membuat dia bisa menjadi penghantar virus dan juga kuman yang ampuh. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencuci tangan ya!

Jaga Pola Makan

Beauty, kamu tahu nggak, sih, ketika kita berada di tempat yang memiliki hawa dingin nafsu makan kita jadi bertambah? Hal ini juga akan berlaku ketika musim hujan tiba di mana kamu akan lebih sering merasakan hawa dingin yang nantinya akan membuat kamu menjadi ingin terus makan setiap saat. Meski kamu merasa lapar namun enggak berarti kamu boleh langsung makan, lho, Beauty.

Hal ini dikarenakan, ketika berada di suhu yang lebih dingin, metabolisme tubuh kita menjadi lebih lambat dari biasanya. Kalau ketika di suhu dingin kamu merasa lapar dan kamu makan maka hal ini justru akan mendatangkan bahaya untuk kamu! Bisa saja kamu terkena obesitas!

Oleh karena itu, perhatikan setiap asupan makanan yang kamu makan selama musim hujan ya. Pastikan kamu tetap memakan makanan dengan gizi yang cukup agar kesehatan bisa terus terjaga!

Rutin Minum Air Putih

Terbalik dengan pola makan, ketika sudah dingin kita malah menjadi enggak mudah haus, lho! Hal ini yang akhirnya membuat banyak orang kehilangan cairan tubuh karena enggak mengonsumsi air putih dengan cukup. Padahal kebutuhan cairan di dalam tubuh kita baik ketika musim kemarau atau penghujan memiliki kebutuhan yang sama. 

Jadi, ketika musim hujan tiba lebih baik kamu lebih sering meminum air putih ya, bukan hanya ketika kamu merasa harus saja! Karena jika kamu kekurangan cairan maka kamu akan mengalami dehidrasi dan menurunkan daya tahan tubuh.

Atur Pola Istirahat

Selanjutnya kamu harus mengatur pola tidur kamu ya, Beauty, karena tidur merupakan waktu di mana tubuh akan mendapatkan pemulihan pada seluruh sistemnya. Selain itu, kualitas tidur juga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, lho! Pasti kamu lebih sering merasa lelah atau mengantuk ketika musim hujan tiba karena suhu dingin, pastikan kalau kamu enggak menuruti rasa kantuk itu ya.

Kamu harus tetap memiliki porsi tidur dan istirahat yang cukup, jangan sampai kamu memiliki waktu istirahat yang berlebihan karena hal ini bisa membuat tubuh kamu menjadi mudah lemas dan otot menjadi lebih kaku. Selain itu, jangan juga begadang! Karena jika kekurangan tidur maka imunitas tubuh akan berkurang yang akan membuat kamu menjadi mudah terkena penyakit.

Hal ini dikarenakan ketika tidur tubuh akan menghasilkan protein bernama cytokines yang berguna saat kita mengalami infeksi atau peradangan. Jadi, pastikan porsi tidur kita cukup karena tidur yang cukup dapat memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Pakai Pakaian Hangat

Udara dingin yang menyelimuti sepanjang musim hujan, bisa menyebabkan kita merasa kedinginan. Jika kita membiarkan tubuh kita kedinginan, maka kita akan mudah terkena penyakit seperti flu. Terlebih lagi bila kita sering beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu saat musim hujan lebih baik kita memakai pakaian yang tebal agar dapat menghalau rasa dingin yang menyerang tubuh. 

Pakailah pakaian seperti cardigan atau hoodie yang dapat membantu menghangatkan tubuh kita. Musim hujan memang rawan penyakit. Tapi bila kita berusaha untuk selalu menjaga kesehatan dengan tips-tips tersebut, maka enggak perlu khawatir lagi.

Selamat mencoba ya, Beauty!