Menu

Enak dan Sehat! 5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan Sebagai Campuran Smoothies

02 November 2020 18:55 WIB

Green Smoothies (merahputih.com/vega)

HerStory, Bogor —

Smoothies adalah metode baru makan sayur dan buah yang menyenangkan. Kamu dapat menghancurkan buah dan sayur lalu mencampurnya dengan yoghurt, madu, susu dan bahan lainnya yang kamu suka sesuai selera.

Sekilas, smoothies memang terlihat seperti jus. Namun sebetulnya beda. Jus biasanya akan disaring agar teksturnya lebih halus saat dikonsumsi. Sedangkan smoothies, justru membiarkan tekstur aslinya yang lebih padat dan terasa kasar saat diminum.

Apakah kamu ingin membuat green smoothies? pertama, pilihlah jenis sayuran yang cocok dijadikan sebagai campurannya. Selain enak, sayuran ini juga harus menyehatkan tubuh. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (2/11/2020) berikut 5 jenis sayuran untuk smoothies.

1. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang serta menurunkan tekanan dalam darah. Mengonsumsi satu porsi sayur bayam, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin K dalam sehari, yang jumlahnya mencapai 200 persen. 

Cara mengonsumsinya juga mudah. Pertama ambil satu genggam sayur bayam yang sudah dipetik dan dicuci bersih. Kemudian masukkan ke dalam blender dan campurkan dengan air perasan lemon dan sedikit madu.

2. Jamur

Jamur juga enak untuk campuran smoothies. Sayuran ini kaya akan antioksidan dan vitamin D yang baik untuk sistem imun tubuh. Khasiatnya diklaim dapat melindungi jantung dan menurunkan risiko kanker.

Jenis jamur tebal seperti shiitake atau champignon bisa ditambahkan dalam smoothies. Masukkan beserta tangkainya dan tambahkan buah segar seperti apel, nanas atau jeruk.

3. Tomat

Jenis tomat gondol atau tomat ceri yang masak sangat baik untuk campuran smoothies. Sayuran ni kaya akan vitamin C, A dan K juga lycopene.

Karena banyak mengandung air, teksturnya tomat lembut dan memiliki rasa yang asam manis segar. Tomat cocok dipadukan dengan sayuran dan buah lain. Kamu bisa mencampur dicampur dengan jeruk, nanas, pepaya atau daun bayam agar smoothies lebih enak.

4. Wortel

Wortel memiliki tekstur yang lebih padat atau keras, jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Karena itu, ketika dijadikan smoothies teksturnya jadi lebih renyah. Wortel diketahui mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel juga bisa menurunkan risiko kanker terutama di usus besar, serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah ke jantung. 

Cara bikinnya mudah kok. Pertama potong wortel kecil-kecil supaya lebih mudah hancur saat di-blender. Jika ingin menambahkan bahan-bahan lain, kamu bisa menggunakan buah yang teksturnya padat seperti pisang atau pepaya, guna memperkaya rasa dari smoothies itu sendiri.

5. Mentimun

Mentimun, dikenal memiliki sifat dingin yang mampu menurunkan suhu panas di dalam tubuh kita. Mentimun kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, mentimun juga diketahui mengandung vitamin C hingga mangan, yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Cara mengkonsumsinya juga mudah, cukup potong-potong mentimun kemudian blender sampai halus. Jika ingin ditambahkan bahan lain, kamu bisa menggunakan daun mint dan madu, agar rasanya semakin kaya tetapi tak merusak rasa mentimun itu sendiri.

Share Artikel:

Oleh: Kintan Nabila