Menu

Moms Suka Mual Saat Menyusui? Coba Redakan dengan 3 Bahan Alami Ini!

04 November 2020 06:55 WIB

Ilustrasi ibu menyusui (Tiktak.id/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menyusui si kecil secara eksklusif tentu menjadi momen paling berkesan bagi setiap ibu. Setiap ibu tentu merasa bahagia ketika bisa memberi nutrisi terbaik lewat ASI kepada si kecil. Namun, dalam perjalanannya, berbagai kesulitan dan masalah menyusui tentu dialami oleh setiap ibu. Salah satunya ialah merasa mual saat menyusui.

Seperti yang dikutip dari laman Moms Junction, Rabu (4/11/2020), sebenarnya menyusui itu enggak secara langsung menyebabkan mual. Tetapi, ada berbagai faktor yang dapat memicu kondisi tersebut terjadi pada ibu menyusi. Misal, perubahan gaya hidup, dan perubahan hormonal yang dapat menyebabkan mual. 

Mual yang terjadi juga berkaitan erat dengan pelepasan oksitosin. Oksitosin merupakan hormon yang memberi sinyal pada payudara ibu untuk mengeluarkan ASI.

Fenomena ini dikenal sebagai reflek pengeluaran susu atau milk let-down. Pelepasan hormon ini dapat menyebabkan perubahan tertentu pada tubuh, salah satunya adalah mual.

Tapi kamu enggak perlu khawatir. Kondisi mual saat menyusui bisa diatasi dengan beragam cara. Salah satunya meredakan mual lewat bahan-bahan alami. Penasaran bahan apa saja yang bisa meredakan mual saat menyusui? Yuk simak ulasan berikut.

Teh jahe

Teh jahe mungkin bisa membantumu untuk mengurasi rasa mual. Selain itu, jahe merupakan 'galactagogue' yang terbukti membantu meningkatkan produksi ASI.

Teh peppermint

Kamu juga bisa mengonsumsi teh peppermint saat merasa mual ketika menyusui. Badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, FDA, mengkategorikan teh peppermint aman untuk dikonsumsi.

Tapi Moms, jangan berlebihan saat mengonsumsinya ya. Hal ini akan memperburuk rasa mual dan dapat menyebabkan mulas dan juga muntah.

Minyak esensial

Bukti anekdot menunjukkan, mencium beberapa minyak esensial yang terbuat dari lemon, spearmint, kapulaga, dan lain sebagainya, dapat membantu meredakan mual.

Dianjurkan untuk menggunakannya dalam jumlah sedang dan menjaga jarak aman dari si kecil untuk menghindari tertelan secara enggak sengaja.

Enggak cuma menggunakan bahan alami di atas aja, Moms. cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan mual saat menyusui, diantaranya adalah:

  • Mengisap sepotong lemon
  • Mengonsumsi karbohidrat instan, seperti roti panggang
  • Mengonsumsi air putih selama menyusui. Ini memmbantumu meringakan keluhan lambung. Kamu juga bisa menambahkan potongan mentimun, daun mint, lemon, dan lain sebagainya ke dalam air.

Moms, sebelum menggunakan pengobatan rumahan ini, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter ya. Hentikan penggunaan kalau menemukan adanya perubahan dalam produksi ASI atau melihat efek sampingnya pada si kecil.

Semoga bermanfaat!