Menu

Jangan Sembarang Dikasih, 5 Makanan Ini Justru Bisa Merusak Gigi Si Kecil

05 November 2020 10:15 WIB

Little girl eating some snack (Today's Parent/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebagai orang tua yang baik, memantau pertumbuhan\n si kecil merupakan hal utama yang perlu dilakukan. Selain pertumbuhan tulang, gigi juga enggak kalah penting untuk diperhatikan. Moms, tentu banyak di antaramu yang kerap mengajarkan si kecil untuk menjaga dan merawat kesehatan giginya.

Namun, dalam perjalanannya, hal itu enggak semudah dengan apa yang dibayangkan. Kebiasaan si kecil memasukkan apapun ke dalam mulut bisa memicu kerusakan gigi. Keluhan gigi berlubang, menghitam, banyak plak hingga copot, tentu sering dialami anak-anak di usia dininya.

Enggak cuma itu, kebiasaan memberi makanan ringan kepada si kecil juga bisa menjadi pemicu kerusakan giginya. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat gigi si kecil bermasalah.

Penasaran makanan apa saja yang bisa merusak gigi si kecil? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/11/2020), berikut lima di antaranya.

Permen yang kenyal dan manis

Moms, enggak bisa dipungkiri kalau si kecil begitu menyukai permen yang kenyal dan manis. Gula enggak cuma buruk untuk gigi si kecil, tetapi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Sebagai orang tua, kamu bisa melakukan upaya untuk membatasi asupan permen yang dapat merusak gigi, gusi, dan menyebabkan kesehatan lain dalam tubuh si kecil.

Buah yang terlalu asam

Aneka jenis buah memang baik dikonsumsi si kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Namun, sebaiknya jangan beri si kecil buah yang terlalu asam ya, Moms.

Lemon, jeruk nipis, dan buah asam lainnya memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tapi sayangnya, buah-buahan asam ini juga bersifat mengikis permukaan gigi balita yang belum terbentuk sempurna.

Roti, Keripik, dan Pasta

Makanan bertepung seperti roti, kripik, pasta, dan sebagainya harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Setelah mengonsumsinya, pastikan si kecil langsung menggosok gigi ya, Moms.

Mengapa demikian? Makanan bertepung dapat diubah menjadi gula saat tersangkut di sela-sela gigi. Hal ini berpotensi merusak gigi, seperti menyebabkan gigi si kecil berlubang.

Es batu

Moms, mungkin enggak sedikit di antara anakmu yang gemar memakan es batu. Tapi, kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini, Moms!

Mengunyah es batu bisa melemahkan enamel gigi dan meningkatakan risiko gigi retak dan mudah patah. Kondisi ini bisa memicul munculnya gigi sensitif dengan gejala ngilu yang dirasakan oleh si kecil.

Buah kering

Terakhir ialah buah kering dalam kemasan. Walaupun terbuat dari buah asli, namun kandungannya enggak sesehat itu, Moms. Buah yang telah dikeringkan akan kehilangan kandungan air dan berubah menjad sesuatu yang menyerupai permen.

"Peremen alami" yang lengket ini telah kehilangan banyak nutrisi di dalamnya. Kalau si kecil mengonsumsinya, bisa saja akan tersangkut di sela-sela giginya. Hal ini dapat mengundang kuman untuk bersarang dan menyebabkan masalah pada gigi.

Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan buah-buahan segar, Moms!

Nah Moms, itu dia lima jenis makanan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan gigi si kecil. Semoga bermanfaat!