Menu

Ini 3 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Olahraga Pagi, Sudah Tahu Belum?

06 November 2020 07:05 WIB

Wanita sedang berolahraga. (Unsplash/Christopher Campbell)

HerStory, Jakarta —

Di masa pandemi, kesehatan tubuh jadi hal yang utama. Pasalnya saat tubuh melemah, virus dan bakteri mudah menginfeksi dan menyebabkan penyakit. Nah, salah satu cara untuk membuat tubuh tetap sehat adalah dengan melakukan olahraga.

Banyak orang melakukan olahraga saat pagi hari. Tak hanya membuat tubuh jadi bugar, berikut manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin olahraga di pagi hari:

1. Olahraga Pagi Meningkatkan Metabolisme

Saat olahraga di pagi hari tubuh membakar lebih banyak kalori. Satu studi menunjukkan bahwa partisipan membakar 190 kalori ekstra dalam 14 jam setelah berolahraga di pagi hari lho.

2. Olahraga Pagi Meningkatkan Energi

Olahraga pagi bisa menjadi sumber energi yang luar biasa, sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari. Namun lebih dari itu, olahraga pagi telah terbukti meningkatkan fokus dan kesehatan menta.

Beberapa penelitian telah mengukur keefektifan olahraga untuk 'membangunkan' pikiran. Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga lebih baik daripada meneguk secangkir kopi.

3. Olahraga Pagi Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bangun pagi untuk berolahraga pada gilirannya akan membantu kamu tidur lebih nyenyak. Tubuh akan menikmati rasa lelah yang sehat di penghujung hari dan akan siap untuk tidur.

Sebuah studi baru-baru ini meminta peserta berolahraga pada pukul 7 pagi, 1 siang, atau 7 malam setiap 3 hari dalam seminggu. Studi itu menunjukkan bahwa orang yang olahraga di jam 7 pagi memiliki tidur paling nyenyak dan lebih lama. Olahraga juga meningkatkan kualitas tidur dengan memperdalam siklus tidur.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana