Menu

Moms Enggak Perlu Panik, 5 Kondisi Aneh Ini Normal Terjadi pada Bayi Baru Lahir

09 November 2020 07:45 WIB

Ilustrasi bayi baru lahir (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Meski memiliki banyak tantangan di dalamnya, menjadi seorang ibu adalah hal yang paling membahagiakan dan tak ternilai. Apalagi kalau menjadi ibu baru yang baru saja melahirkan anaknya. Di samping kebahagiaan tersendiri menjadi seorang ibu, mungkin ada beberapa hal yang belum diketahui dan terkadang membuat para ibu merasa panik dan khawatir.

Kondisi-kondisi aneh yang sering terjadi pada bayi baru lahir, misalnya. Bayi yang baru lahir, umumnya menunjukkan kondisi aneh yang sebenarnya normal. Tapi Moms, hal ini terkadang membuat kamu yang baru menjadi ibu merasa khawatir dan juga takut.

Nah biar kamu enggak panik, berikut ini HerStory rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020), lima keanehan bayi baru lahir yang perlu kamu ketahui.

Keluarnya kotoran pada mata

Keluarnya kotoran pada mata sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir memiliki saluran mata yang sempit dan tersumbat. Hal inilah yang membuat si kecil akan memiliki kotoran mata yang terkumpul berwarna putih dan kekuningan atau sering disebut belekan.

Hal tersebut juga dikatakan dalam laman Medical News Today, para dokter biasanya menyebut kondisi ini dengan dekriostenosis atau abstruksi saluran nasolakrimal. Cairan ini akan membantu membersihkan dan melumasi permukaan mata.

Wajah yang sering berubah

Moms mungkin menyadari betul kondisi aneh satu ini yang kerap terjadi pada bayi baru lahir. Wajah bayi sering berubah secara siginifikan selama beberapa hari pertama saat bayi mengeluarkan cairan ekstra dan trauma persalinan mereda. 

Seperti yang disebutkan dalam laman Kids Health, dalam beberapa kasus, fitur wajah bayi yang baru lahir bisa sangat terdistorsi akibat posisi di dalam rahim dan tekanan melalui jalan lahir.

Namun kondisi ini enggak perlu dikahawirkan, Moms. Telinga yang berlipat, hidung yang rata, atau rahang yang bengkok, biasanya akan kembali normal seiring berjalannya waktu.

Baby boobage

Baby boobage merupakan kondisi yang memperlihatkan payudara bayi terlihat besar, Kondisi ini disebabkan karena selama di dalam kandungan, bayi terpapar hormon-hormon kehamilan dari ibunya.

Paparan hormon tersebutlah yang membuat payudara bayi ikut berkembang. Tapi Moms enggak perlu khawatir, kondisi baby boobage ini akan hilang dengan sendirinya.

Meludah

Bayi yang baru lahir juga suka meludah Moms, tapi hal ini wajar-wajar aja kok. Biasanya, bayi akan meludah setelah makan dan hal ini enggak perlu pengobatan lebih lanjut.

Skrotum yang terlihat bengkak

Pada bayi laki-laki, skrotum (kanting yang berisi buah zakar) sering kali terlihat bengkak. Hal ini biasanya disebabkan oleh hidrokel. Kumpulan cairan di skrotum bayi laki-laki ini biasanya akan menghilang selama 3-6 bulan pertama.

Testis bayi laki-laki yang baru lahir mungkin sulit dirasakan di skrotum yang bengkak. Otot yang menempel pada testis menariknya dengan cepat ke selangkangan saat area genital disentuh. Bayi laki-laki juga biasanya mengalami ereksi penis yang seing, seringkali sebelum mereka buang air kecil.

Kalau skotrum yang bengkak lebih dari 6 bulan, kamu harus segera menghubungi dokter lebih lanjut ya, Moms. Kondisi ini bisa saja menunjukkan hernia inguinalis, yang biasanya memerlukan perawatan bedah.

Semoga bermanfaat!