Menu

Wadidaw! Makan Nangka Bisa Berikan Efek Samping yang Mencengangkan Berikut Ini, Lho!

10 November 2020 19:00 WIB

Buah Nangka. (Freepik.com/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Siapa yang suka memakan buah nangka? Nangka merupakan salah satu buah tropis yang banyak terdapat di Indonesia dan dikonsumsi oleh banyak orang adalah nangka. Buah dengan nama lain jackfruit ini ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Nangka merupakan salah satu tanaman yang berjenis buah-buahan. Biasanya, buah nangka ini dikonsumsi oleh masyarakat di Sri Lanka. Kemudian, buah nangka termasuk buah yang nonsesasonal serta memiliki kontribusi terhadap makanan di masyarakat.

Nangka memiliki banyak manfaat, khususnya untuk penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Pertama, buah nangka bisa dimanfaatkan sebagai obat kanker. Nangka memiliki kandungan flavonoid, fenol, dan lektin yang merupakan senyawa yang bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh sehingga bisa lebih kuat dalam menekan sel kanker.

Kemudian, nangka bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan. Jika kamu ingin melakukan diet maka kamu bisa mencoba untuk memakan buah nangka, karena buah ini bebas dari kandungan lemak serta rendah akan kalori. Lalu, kamu juga enggak perlu bersusah-susah berolahraga, cukup dengan rutin memakan buah ini maka berat badan kamu bisa turun.

Manfaat yang ketiga adalah peredam tekanan darah. Dengan adanya jumlah potasium tinggi, maka nangka ini mampu untuk mengurangi serta mengontrol kesehatan yang berupa tekanan darah kamu. Dalam hal ini, nangka juga sangat memungkinkan kalau beberapa penyakit berat bisa terhindar dari kamu. Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Meskipun terlihat dari manfaat yang sangat bermanfaat untuk kita, namun ternyata nangka ini memiliki efek sampingnya. Dari segi efek samping, dimana kamu akan memikirkan kembali, apakah Nangka cocok untuk dikonsumsi atau enggak. Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

  • Nangka juga memiliki dampak negatif terhadap transplantasi jaringan maupun terapi imunosupresi. Dikarenakan, lektin yang di ekstrak dari bijinya bisa merangsang ke sistem kekebalan tubuh.
  • Selain itu, nangka juga bisa mempengaruhi pembekuan dari darah. Jadi, anda harus berhati-hati dengan orang yang berkelainan dengan darah.
  • Mampu memberikan energi yang baik untuk tubuh manusia. Hal ini dkarenakan, nangka mengandung berbagai jenis kandungan gizi, seperti Vitamin A, B, C.