Parfum berperan penting agar tubuh tetap wangi sepanjang hari. Tak jarang beberapa orang kebingungan memilih parfum karena memiliki berbagai macam harga dan brand.

Namun, sering enggak sih melihat harga parfum yang mahal banget? Yap, memang ada harga parfum yang mahal hingga jutaan rupiah. Duh, bingung juga ya kenapa harga parfum bisa semahal itu.

Melansir dari berbagai sumber, ini dia alasan parfum bisa memiliki harga yang mahal. Yuk, disimak!

1. Proses produksi

Membuat sebuah produk parfum tentu enggak mudah. Harus adanya waktu usaha, atau hambatan untuk mendapatkan hasil parfum yang diinginkan. Tak jarang ada bahan baku yang sulit untuk diolah seperti bahan baku binatang maupun bunga.

2. Bahan baku

Bahan baku ini menjadi faktor penentu utama harga parfum. Jika perusahaan parfum menggunakan bahan baku yang langka atau sulit didapatkan tentu harga parfum akan semakin mahal juga. Biasanya parfum yang mahal menggunakan pure essential oil di dalam produknya. Inilah yang membuat aroma parfum menjadi lebih tahan lama.

3. Biaya penelitian dan pengembangan

Membuat parfum juga ada proses penelitian dan pengembangannya, lho! Tentunya tahap ini memerlukan biaya, usaha, dan waktu yang besar. Biasanya untuk membuat parfum, pihak perusahaan akan melakukan uji coba beberapa kali hingga dapat mengembangkan produknya agar aman digunakan dan dapat dijual.

Baca Juga: Beauty, Hati-hati! Jika Tanda Ini Muncul, Segera Buang Makeupmu!