Menu

Masih Bikin Ibu Hamil Ketar-ketir Hingga Sekarang, Benarkah Makan Durian dan Nanas Bisa Bikin Keguguran? Ternyata Menurut Dokter...

17 November 2022 12:35 WIB
Masih Bikin Ibu Hamil Ketar-ketir Hingga Sekarang, Benarkah Makan Durian dan Nanas Bisa Bikin Keguguran? Ternyata Menurut Dokter...

Ilustrasi ibu hamil membawa buah nanas (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, para ibu hamil akan dilarang untuk memakan durian atau nanas karena menurut mitos akan bisa membahayakan bagi kandungan dan janin.

Namun demikian, Dokter spesialis kandungan dr. Aida Riyanti, Sp.OG mengatakan mengonsumsi durian dan nanas pada ibu hamil tak ada hubungannya dengan kontraksi kehamilan.

"Prinsipnya makan durian atau nanas boleh-boleh saja, enggak ada hubungannya dengan kontraksi tapi mungkin dalam porsi dan jumlah tidak terlalu banyak," ucap Aida dikutip dari ANTARA melalui sindikasi konten Suara.com pada Kamis (17/11/2022).

Aida mengatakan durian dan nanas mengandung zat-zat yang baik jika tak dikonsumsi secara berlebihan. Pada durian ada unsur karbohidrat yang gula yang rendah sehingga tak membuat gula darah naik dan juga mengandung lemak. Begitu pula dengan nanas yang tinggi vitamin C.

Namun kedua buah tersebut memang dapat memicu gas berlebih pada usus dan bisa menyebabkan asam lambung, terutama pada ibu hamil yang pengosongan lambungnya lebih lama.

"Kalau kita makan yang jumlah banyak ataupun sering mungkin bisa menyebabkan rasa yang kurang nyaman, begitu juga jika makan pedas terlalu banyak dikhawatirkan bukan kontraksi tapi diare," ucapnya.

Baca Juga: Catat! 7 Makanan Bergizi Ini Cocok Buat Bumil Lho!

Baca Juga: Dear Bumil, Catat 5 Manfaat Kurma Ini yang Bisa Bantu Proses Persalinan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.